EVALUASI PERSIAPAN MENGAJAR GURU EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-OGAN ILIR
Abstract
Abstract: This study aims to Know Teachers’ teaching Preparation Teaching Economics in Implementing Curriculum 2013 at SMA Negeri in the district Ogan Ilir, correlating to the preparation in the form of an annual program, the semester program, Syllabus, RPP (Lesson Plan), media / props, LKS (Student Worksheet), Task Sheet, Sheets of research, and Textbook prepared by the Economics teachers in the district of Ogan Ilir on the basis of the 2013 curriculum. This study is a qualitative research, and the data collection techniques used here is in the form of interview techniques and documentation. Interview data is used to determine the ability of teachers to understand the preparations made in accordance with the 2013 curriculum. Interviews were conducted in three meetings on economics teachers at SMA in the district of Ogan Ilir and documentation of data is used to support the interview data. Overall, Data on the interview show that the result is "good", while the data showing the result of the documentation 88% put into good category. The conclusions of this study evaluation of teaching economics teacher preparation curriculum by 2013 has been classified as "good ". There is also the suggestion from this study teachers are expected to prepare more mature again on the provision of technology-based media and textbooks and improving competence in curriculum implementation in 2013 for the purpose of education can be achieved and the support by the Government in this case the local education office at Ogan Ilir can be the facilitate the application of 2013 curriculum at SMA of Ogan Ilir district and has a program that can support in achieving the educational goals.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Persiapan Mengajar Guru Ekonomi dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di SMANegeri Se-Ogan Ilir. Berhubungan dengan persiapan yang berupa program tahunan, program semester, Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), media/alat peraga,LKS (Lembar Kerja Siswa), Lembar Tugas, Lembar Peniliaan dan Buku Teks yang dipersiapkan guru ekonomi SMA Negeri Se-Ogan Ilir berdasarkan pada Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam memahami persiapan-persiapan yang dibuat sesuai dengan kurikulum 2013. Wawancara dilakukan dalam tiga kali pertemuan pada guru ekonomi SMA Negeri Se-Ogan Ilir serta data dokumentasi digunakan sebagai pendukung data hasil wawancara. Secara keseluruhan Data hasil wawancara menunjukan hasil yang “cukup”sedangkan data hasil dokumentasi yang menunjukan 88% kategori “sangat baik” pada persiapan yang dibuat dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Simpulan dari penelitian ini evaluasi persiapan mengajar guru ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 sudah tergolong “baik”. Ada pun saran dari penelitian ini guru diharapkan dapat mempersiapkan lebih matang lagi tentang penyediaan media yang berbasis teknologi maupun bukuteks serta menigkatkan kompetensi dalam penerapan kurikulum 2013 agar tujuan pendidikan dapat tercapai dan dukungan oleh Pemerintah dalam hal ini Dinas pendidikan dikabupaten ogan Ilir dapat menja difasilitator dalam penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri Se-Ogan Ilir serta memiliki program yang dapat mendukung dalam mencapai tujuan pendidikanKeywords
References
Ahmad, dkk. 1998. Pengembangan Kurikulum. Bandung : CV Pustaka Setia.
Arifin, Zaenal. 2012. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Penerbit PT. RemajaRosdakarya. Bandung.
¬¬___________. 2012. Evaluasi Pembelajaran.Cet, 2. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Ct,10. Jakarta: Bumi Aksara.
Asnita, Yanti. 2013. Pengaruh Media Presentasi Visualisasi terhadap Hasil Belajar di SMA Negeri 6 Palembang”.Skripsi.Indralaya. FKIP: Universistas Sriwijaya.
Benchmark. 2010. Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Daryanto, Haji. 2008. Evaluasi Pendidikan. Cet,5. Jakarta: Rineka Cipta.
Farida, Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta:Bumi Aksara.
Fitriana, Eni. 2004. Kompetensi Guru dalam Merancang Strategi Pembelajran di SMA Negeri 10 Palembang. Skripsi, Palembang: Universitas Sriwijaya.
Hamalik, Oemar.2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Haris, Heryani. 2012. Kesiapan Guru TKJ Dalam Pengajaran dan Kesiapan Sarana Prasaranalaboratorium Komputer Pada SMKN 1 dan SMKN 2 di Kabupaten Bima.S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Harjanto. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ibrahim dan Nana Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 65 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud.2013. Permendikbud No.81A Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar.2007.Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2004. Pengembangan Implementasi Kurikulum KTSP. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Mimarti, Sri. 2005. Korelasi Kompetensi Profesional Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Kurikulum 2004 di SMA Negeri 1 Tanjung Raja.Skripsi. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Mulyasa.2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung:Remaja Rodaskarya.
Muzamiroh. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013.Jakarta: Kata Pena.
Nurhadi, Suyanto. 2006. Ekonomi SMA Jilid II. Jakarta: Erlangga.
Patilima, Hamid. 2011. Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.
Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.
Prastowo, Andi.2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar.Yogyakatra: Penerbit Diva Pres.
Raharja dan Manurung. 2006. Pengantar Ilmu Ekonomi (Makro Ekonomi dan Mikro Ekonomi). Jakarta: FE UI.
Sudjana dan Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar.
Sukardi.2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya.Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sugiyono.2005.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukirno, Sadono. 2006.Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Wibowo, Halim. 2012. Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Article Statistic
Abstract view : 300 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 320 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ali Barka, Yulia Djahir, Ikbal Barlian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.