ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG
Abstract
Abstract: This study discussed about the students creative thinking ability to use the environment on economic subject at SMA Negeri 6 Palembang. The problem of this study was how the students creative thinking ability to use the environment on economic subjects at SMA Negeri 6 Palembang ?. The variables of this study were creative thinking and the environment. This study used descriptive method. The sample was 53 students at SMA Negeri 6 Palembang. The data were collected by observation, interview, and documentation. The result from observation showed that the creative thinking of students consisted of five indicators, they were fluent skill with the very well criteria (83.76%), flexible skill with the very well criteria (89.1%), original skill with the good criteria (79.25%). It was suggested to economic teachers to develop the detail skills that had good criteria became very good criteria, so that students were able to develop an idea in detail which was further improved.
Abstrak: Penelitian ini membahas tentang kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Rumusan masalahnya adalah bagaimana kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang?.Variabel penelitian yaitu berpikir kreatif dan lingkungan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.Sampel penelitian ini adalah 53 peserta didik di SMA Negeri 6 Palembang.Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa berpikir kreatif peserta didik terdiri dari 5 indikator yaitu keterampilan lancar dengan kriteria sangat baik (83,76%); keterampilan luwes dengan kriteria sangat baik (89,1%); keterampilan orisinal dengan kriteria baik (79,9%); keterampilan merinci dengan kriteria baik (79,9%); serta keterampilan mengevaluasi dengan kriteria sangat baik (86,30%). Sedangkan hasil wawancara dengan memanfaatkan lingkungan dengan kriteria baik (79,25%). Disarankan kepada guru ekonomi untuk mengembangkan keterampilan merinci yang terkriteria baik menjadi sangat baik sehingga peserta didik mampu mengembangkan suatu gagasan secara merinci yang lebih meningkat.Keywords
References
Alam. 2013. Mandiri Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Arnyana.2007. Pengembangan Peta Pikiran Untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
UNDIKSHA, No. 3 hal 673.
Campbell, David. 2012. Mengembangkan kreativitas. Yogyakartya:
Kanisius. Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta .:PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif
Suatu Pendekatan
TeoretisPsikologis.Jakarta: Rineka Cipta.
Eveline,Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ihda Nuria Afidah. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Socratic Circles Disertai Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif.Jurnal vol.4,No.3, hal 1-15.
Merdekawati, Nuraini. 2013. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Masmeida Buana Pustaka.
Mulyani, Endang. 2014. Ekonomi. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Mulyasa. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rivai, sudjana. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rusman.2011. Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sani. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Samartowa, Usman. 2006. Bagaimana membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Pustaka Indonesia Press.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.
Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Uno, Nurdin. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.
Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara
Article Statistic
Abstract view : 2932 timesPDF views : 11181 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yeyen Febrianti, Yulia Djahir, Siti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.