ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG

Yeyen Febrianti(1*), Yulia Djahir(2), Siti Fatimah(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v3i1.5561

Abstract

Abstract: This study discussed about the students creative thinking ability to use the environment on economic subject at SMA Negeri 6 Palembang. The problem of this study was how the students creative thinking ability to use the environment on economic subjects at SMA Negeri 6 Palembang ?. The variables of this study were creative thinking and the environment. This study used descriptive method. The sample was 53 students at SMA Negeri 6 Palembang. The data were collected by observation, interview, and documentation. The result from observation showed that the creative thinking of students consisted of five indicators, they were fluent skill with the very well criteria (83.76%), flexible skill with the very well criteria (89.1%), original skill with the good criteria (79.25%). It was suggested to economic teachers to develop the detail skills that had good criteria became very good criteria, so that students were able to develop an idea in detail which was further improved.

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Rumusan masalahnya adalah bagaimana kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang?.Variabel penelitian yaitu berpikir kreatif dan lingkungan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.Sampel penelitian ini adalah 53 peserta didik di SMA Negeri 6 Palembang.Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa berpikir kreatif peserta didik terdiri dari 5 indikator yaitu keterampilan lancar dengan kriteria sangat baik (83,76%); keterampilan luwes dengan kriteria sangat baik (89,1%); keterampilan orisinal dengan kriteria baik (79,9%); keterampilan merinci dengan kriteria baik (79,9%); serta keterampilan mengevaluasi dengan kriteria sangat baik (86,30%). Sedangkan hasil wawancara dengan memanfaatkan lingkungan dengan kriteria baik (79,25%). Disarankan kepada guru ekonomi untuk mengembangkan keterampilan merinci yang terkriteria baik menjadi sangat baik sehingga peserta didik mampu mengembangkan suatu gagasan secara merinci yang lebih meningkat.

Keywords


Berpikir Kreatif, Pemanfaatan Lingkungan

References


Alam. 2013. Mandiri Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Arnyana.2007. Pengembangan Peta Pikiran Untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

UNDIKSHA, No. 3 hal 673.

Campbell, David. 2012. Mengembangkan kreativitas. Yogyakartya:

Kanisius. Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta .:PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif

Suatu Pendekatan

TeoretisPsikologis.Jakarta: Rineka Cipta.

Eveline,Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ihda Nuria Afidah. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Socratic Circles Disertai Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif.Jurnal vol.4,No.3, hal 1-15.

Merdekawati, Nuraini. 2013. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Masmeida Buana Pustaka.

Mulyani, Endang. 2014. Ekonomi. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Mulyasa. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rivai, sudjana. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rusman.2011. Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sani. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Samartowa, Usman. 2006. Bagaimana membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Pustaka Indonesia Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.

Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Uno, Nurdin. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara


Article Statistic

Abstract view : 2898 times
PDF views : 11169 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yeyen Febrianti, Yulia Djahir, Siti Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.