• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGARUH SOFTWARE MYOB ACCOUNTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG | Mudmainnah | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PENGARUH SOFTWARE MYOB ACCOUNTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

    Nur Fadilah Mudmainnah(1*), Deskoni Deskoni(2), Rusmin AR(3)
    (1) 
    (2) 
    (3) 
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v4i1.5578

    Abstract

    Abstract: This research aims to determine the influence significant between software MYOB accounting and microsoft excel toward eleven grades student’s learning outcomes of Accounting subject in Senior High School Muhammadiyah 6 Palembang. This is an experimental research using true experimental control group design pretest post-test form. The population were all of social eleven grade students of Senior High School Muhammadiyah 6 Palembang. The data were got through test and observation. The result of experimental group’s observation interpreted into the activity’s researcher was so good. T-test was used to test the hypothesis. The calculation gained t calculate > t tabel, so that Ho was rejected and Ha was accepted. Thus, there was influence significant between software MYOB accounting and Microsoft Excel toward eleven grades student’s learning outcomes of Accounting subject in Senior High School Muhammadiyah 6 Palembang. There were some student experience difficulty when operated software MYOB accounting, and there were account names in software MYOB accounting which actually can’t modification because the database have been locked so will experience difficulty for adjusting stage.

    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara software MYOB accounting dan microsoft excel terhadap hasil belajar akuntansi siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan metode trueexperimental design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS berjumlah 74 siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan observasi.Hasil analisis data observasi kelas eksperimen diinterpretasikan aktivitas pembelajaran peneliti tergolong sangat baik. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t. Hasil penelitian diperoleh ? ,  maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan antara software MYOB accounting dengan Microsoft Excel terhadap hasil belajar akuntansi siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Kendala penelitian yaitu siswa mengalami kesulitan dalam mengoperasikan software MYOB accounting dan terdapat nama-nama akun dalam software MYOB accounting yang memang tidak dapat dimodifikasi karena database telah terkunci sehingga menyulitkan tahap penyesuaian

    Keywords


    software MYOB accounting, microsoft excel, hasil belajar

    References


    Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

    Basir, M. Djahir dan Dwi Hasmidyani. 2013. Bahan Ajar Evaluasi Proses Hasil Belajar. Palembang: Universitas Sriwijaya.

    Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

    Hartoko, Alfa. 2014. Kupas Tuntas Microsoft Office 2010 Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

    Pradhana, Darojatun Yakti, dan Lyna Latifah. 2013. Pengaruh Kosa Kata Bahasa Inggris, Dasar Komputer dan Akuntansi terhadap Prestasi Belajar MYOB. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Volume 8. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

    Prajitno, Sugiarto. 2009. Komputer Akuntansi dengan MYOB Accounting.Jakarta: Ghalia Indonesia.

    Pratiwi, Ririh Dian. 2012. Menyusun Laporan Keuangan Sederhana dengan Microsoft Excel.Jurnal Media Ekonomi &Teknologi Informasi. Volume 19. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

    Rusman.2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

    Sadiman, Arief S, R. Raharja, Anung Haryono, dan Harjito. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

    Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

    Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

    Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru.

    Supriyanta, Atun Yulianto, Sa’diyah Noor Novita Alfisahrin, dan Duwi Priyatno. 2015. 4 In 1 Aplikasi Akuntansi yang Paling Dibutuhkan. Yogyakarta: MediaKom.

    Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi: Perekayasaan, Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

    Tim Litbang Wahana Komputer. 2015. Langsung Praktik Komputerisasi Akuntansi dengan MYOB. Semarang: Wahana Komputer.

    Tofik, Moch. 2008. Membuat Aplikasi Akuntansi Dengan Microsoft Excel 2007. Jakarta: Mediakita.

    Usdekti, Sri, Rahmat Murbojono, dan Suratno. 2012. Pengaruh Penggunaan Software MYOB sebagai Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 2. Jambi: Universitas Jambi.

    Yulia Hb. 2015.Perencanaan dan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Talenta Indonesia Mandiri


    Article Statistic

    Abstract view : 2203 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 4284 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Nur Fadilah Mudmainnah, Deskoni Deskoni, Rusmin AR

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.