ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK PROGRAM LINTAS MINAT PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 14 PALEMBANG
Abstract
Abstract: The purpose of this research was describe the confidence level of students in cross-interest program on economic subject at SMA N 14 Palembang. The research problem of this research was “how confidence level of students in cross-interest program on economic subject at SMA N 14 Palembang”. This research was a qualitative descriptive method. The population of this research was all of students X science grades of SMA N 14 Palembang. Fourty students from X science 2 were selected as sample of the research by using purposive sampling technique. Data triangulation technique was used to collect data such as questionare, observation, and interview. The data Milles and Hubberman method with data display shaped inverted pyramid based on the highest until the lowest indicator were used to analyze in this research. The highest indicator was that believing in your own ability with the persentage of 84,58% belongs to very high criteria, having the attitude of attention with the percentage of 83,92% belongs to very high criteria, responsibility with the percentage 81,39% belongs to very high criteria, daring to convey opinons with the percentage of 79,41% belongs to high criteria, having realistic expectations towards themselves with the percentage of 77,48% belongs to high criteria, and not easy to despair with the percentage of 75,44% belongs to high criteria.
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri peserta didik program lintas minat pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 14 Palembang. Adapun rumusan masalah yaitu “bagaimanakah tingkat kepercayaan diri peserta didik program lintas minat pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 14 Palembang”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 14 Palembang. Sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas X.IPA.2 yang berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi yaitu angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik Milles dan Hubberman dengan penyajian data berbentuk piramida terbalik didasarkan pada indikator tertinggi hingga terendah. Indikator tertinggi yaitu percaya dengan kemampuan sendiri dengan persentase sebesar 84,58% tergolong kriteria sangat tinggi, memiliki sikap perhatian dengan persentase sebesar 83,92% tergolong kriteria sangat tinggi, kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan persentase 83,26% tergolong kriteria sangat tinggi, bertanggung jawab dengan persentase 81,39% tergolong kriteria sangat tinggi, berani menyampaikan pendapat dengan persentase 79,41% tergolong kriteria tinggi, memiliki harapan realistik terhadap diri dengan persentase 77,48% tergolong kriteria tinggi, dan tidak mudah putus asa dengan persentase 75,44% tergolong kriteria tinggiKeywords
References
Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Darminto. (2010). Analisis Laporan (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: UPP STIM YKPN
Djamarah. (2011). Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Fadillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV.Pustaka Setia.
Hakim, Thursan. (2015). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Jananti, Nooriza dan Tarmudji, Tarsis. (2014). Pengaruh Kepercayaan
Diri, Budaya Lokal Dan Pendidikan Agama Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2013/2014. J. EEAJ., 3 (2): 257-266.
Kemendikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Komarudin, Ukim. (2009). Landasan Pendidikan (Konsep dan Aplikasinya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lauster, Peter. (2008). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara
Purna, Rozi Sastra, dan Arum Sukma Kinasih. (2015). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini (Menumbuh-kembangkan Potensi “Bintang” Anak di TK Atraktif). Jakarta: PT Indeks.
Purwanto, Ngalim. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rekamaja Rosdakarya.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Rohayati, Iceu. (2011). Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Bandung: FIP UPI.
Santrock, John W. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
(2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.
Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Suyanto dan Jihad, Asep. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Tim Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2014). Buku Panduan Guru Ekonomi SMA/MA Muatan Kebanksentralan. Jakarta: Bank Indonesia.
Widjaja, Hendra. (2016). Berani Tampil Beda dan Percaya Diri. Yogyakarta: Araskha Publisher.
Article Statistic
Abstract view : 610 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 4671 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Mutiya Oktariani, Ikbal Barlian, Siti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.