PENGARUH BEASISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Raka Ramadhon(1*), Riswan Jaenudin(2), Siti Fatimah(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v4i2.5598

Abstract

Abstract: This research  aimed  to prove the influence of scholarship on learning motivation. This research used the quantitative descriptive method. Subjects in this research  were students of Economics Education Sriwijaya University Indralaya Campus from batch 2013 to 2016. Where students who received scholarships amounted to 47 students, and who did not receive scholarships amounted to 63 students. Data collection techniques used questionnaires and documentation. Data Analysis techniques used percentage formula then learning motivation of  students who received scholarships is compared to students who did not  receive scholarships to look for the influence of scholarship on learning motivation. The results showed the learning motivation  if seen  from the average questionnaire score of each respondent, students who received scholarships amounted to 78.79. While the learning motivation of students who did not receive scholarship amounted to 75.05. The result of learning motivation analysis if seen from the indicator, the students who received scholarship amounted 78,43%. While the students who did not receive scholarships amounted to 73.75%. Based on the conclusions that had been obtained, it could be suggested for government and private institutions in order to provide scholarships to students to support student learning motivation. For students who received a scholarship must maintain the learning motivation that already high category because it could be useful for learning activities to obtain good results.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh beasiswa terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya dari angkatan 2013 sampai 2016 yang berjumlah 47 mahasiswa penerima beasiswa, dan 63 mahasiswa yang tidak menerima beasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase kemudian dibandingkan antara motivasi belajar mahasiswa yang menerima beasiswa dengan mahasiswa yang tidak menerima beasiswa untuk melihat pengaruh beasiswa terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar jika dilihat dari rata-rata skor angket tiap responden, mahasiswa yang menerima beasiswa berjumlah 78,79. Sedangkan motivasi belajar mahasiswa tidak yang menerima beasiswa berjumlah 75,05. Hasil analisis motivasi belajar jika dilihat dari indikator, mahasiswa yang menerima beasiswa berjumlah 78,43%. Sedangkan mahasiswa yang tidak menerima beasiswa berjumlah 73,75%. Berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh maka dapat disarankan untuk lembaga pemerintah maupun swasta agar dapat memberikan beasiswa kepada mahasiswa untuk menunjang motivasi belajar mahasiswa. Untuk mahasiswa yang menerima beasiswa harus mempertahankan motivasi belajar yang sudah terkategori tinggi karena dapat berguna bagi kegiatan belajar untuk memperoleh hasil yang baik.

Keywords


beasiswa, motivasi belajar

References


Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Jurnal). Jakarta

Anggoro, Muhammad Toha. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

¬¬¬¬¬_________________. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Saefudin. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Civitas Akademika Universitas Sriwijaya. http://www.unsri.ac.id. Diakses pada 19 November 2016.

Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. 2015. Pedoman Umum Beasiswa Dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Jakarta

Djamarah, S.B. 2008. Psikologi BelajarEdisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Elfindri. 2008. Beasiswa S-1, S2/S3 dan Non Gelar. Padang: Baduose Media.

Gafur, Abdul, Silvia Yulianti, Nur Hidayat. 2008. Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa. Jakarta : Penebar Plus+.

Hamalik,Oemar.2013. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Lahinta, Agus. 2009. Konsep Rancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kandidat Penerima Beasiswa (Studi Kasus pada TPSDM Propinsi Gorontalo). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Marlina, Fitria. 2016. Analisis motivasi berprestasi Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Skripsi. Indralaya : Universitas Sriwijaya.

Mudjiman, Haris. 2011. Belajar Mandiri : Pembekalan dan Penerapannya. Surakarta: UNS Press

Murniasih, Erny. 2008. Winning A Scholarship. Jakarta : Gagas Media.

_____________. 2009. Buku Pintar Beasiswa. Jakarta: Gagas Media.

Nasution, S. 2010. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2010, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

______________. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Suardi, Moh. 2015. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Subini, Nini. 2013. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

_______. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H.B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Universitas Sriwijaya, 2015. Buku Pedoman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Inderalaya: Percetakan dan Penerbit Universitas Sriwijaya.

Yamin, Martinis, 2006. Profesionalisasi Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press


Article Statistic

Abstract view : 10281 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 10186 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Raka Ramadhon, Riswan Jaenudin, Siti Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.