PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RESUME KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG
Abstract
Abstract: The problem of this research is whether there is a difference of influence of learning strategy of group resume with learning strategy of two head power toward student learning outcomes on economic subjects in SMA Negeri 1 Palembang. The purpose of this research is to know the difference of influence of learning strategy of group resume with learning strategy of strength of two head to student learning outcomes at economic subject at SMA Negeri 1 Palembang Population in this research is all student of class X in SMA Negeri 1 Palembang school year 2012-2013 which consists of 12 classes and amounted to 369 students. The sample of this study is clustar random sampling, so that the class X.7 which is 31 students of experimental class given treatment in the form of group resume learning strategy, and class X.8 which amounted to 31 students as control class given treatment in the form a two-head force learning strategy. This research is a True Experimental Design research with posttest only design design. Data collection techniques used in this study is the test aims to measure student learning outcomes. Learning result data which have been obtained then analyzed by KKM of 75 sheets of observation aims to know the conformity of research implementation with lesson plan, and to know whether there is difference of influence of group resume learning strategy with strategy of learning force of two head used t test formula. After testing on the hypothesis can be concluded that there are differences in the effect of resume learning strategy with the influence of learning the strength of two heads towards the learners learn. From these studies, it is suggested for teachers to use group resume learning strategy as an alternative learning to be more able to improve learning outcomes of learners.
Abstrak : Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran resume kelompok dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran resume kelompok dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2012-2013 yang terdiri dari 12 kelas dan berjumlah 369 peserta didik. Selanjutnya dilakukan pemilihan sampel penelitian ini ialah clustar random sampling, sehingga diperoleh kelas X.7 yang berjumlah 31 peserta didik kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa strategi pembelajaran resume kelompok, dan kelas X.8 yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan berupa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan bentuk desain posttest only control design. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah tes bertujuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan KKM sebesar 75 lembar observasi bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan penelitian dengan rencana pembelajaran, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh strategi pemebelajaran resume kelompok dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala digunakan rumus uji t. Setelah dilakukan pengujian terhadap hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran resume dengan pengaruh pembelajaran kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar peserta didik. Dari penelitian tersebut, disarankan bagi guru untuk menggunakan strategi pembelajaran resume kelompok sebagai alternatif pembelajaran agar lebih dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Keywords
References
Silberman, Melvin L. 2012. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa
Sudjana, Nana. 2006. Media pembelajaran.
Bandung: PT. Remaja Rosdahkarya.
Syaiful, Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeda
Trianto. 2007. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Uno, Hamzah B dan Mohammad Nurdi 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Statistic
Abstract view : 308 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 695 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Eka Putri Santi, Muhammad Djahir Basir, Siti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.