STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 INDRALAYA
Abstract
Abstract: This study entitled Implementation Study of Curriculum 2013 on IPS Subjects at SMPN 1 Indralaya. The formulation is how the level of ability of IPS subject teachers in implementing the 2013 curriculum on the aspects of planning, process, and assessment of learning. As for the purpose of this study is to determine the level of ability of IPS subject teachers in implementing the 2013 curriculum on aspects of process planning, and assessment of learning. In this study, the subject of research is the subject teachers IPS SMPN 1 lndralaya teaching in class VII amounted to 2 people. The data pengmnpulan techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. Statistics used in analyzing data is the mean formula while to test the validity of data using triangulation data. From the results of data analysis conducted then the level of ability of teachers subjectsIPS at SMPN 1 India in mengimplememntasikan 2013 curriculum on the aspect of planning included in the integori capable enough with a percentage of 50%, then on aspects of the learning process included in the category very capable with percentage of 88.15 %, and on the aspect of the assessment of learning included in the category of capable enough with the percentage appears at 64.28% and not visible 35.7%. Although the actual 2013 curriculum is not fully applicable by teachers in learning activities this is due to the lack of facilities and infrastructure as well as instructional media to support the implementation of the 2013 curriculum at SMPN 1 Indralaya. However, the implementation of the 2013 curriculum in these social studies subjects can still be continued for the learning process.
Abstrak: Penelitian ini berjudul Studi Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata pelajaran IPS di SMPN 1 Indralaya. Permasalahanyang dirumuskan adalah bagaimana tingkat kemampuan guru mata pelajaran IPS dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada aspek perencanaan, proses,dan penilaian pembelajaran. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan guru mata pelajaran IPS dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada aspek perencanaan proses, dan penilaian pembelajaran. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran IPS SMPN 1 lndralaya yang mengajar di kelas VII berjumlah 2 orang. Adapun teknik pengmnpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Statistik yang digunakan dalam menganalisa data yaitu rumus rerata sedangkan untuk menguji keabsahandata menggunakan triangulasi data. Dari hasil analisis data yang dilakukan maka tingkat kemampuan guru mata pelajaranIPS di SMPN 1 lndralaya dalam mengimplememntasikan kurikulum 2013 pada aspek perencanaan termasuk dalam integori cukup mampu dengan persentase sebesar 50%, selanjutnya pada aspek proses pembelajaran termasuk dalam kategori sangat mampu dengan persentase sebesar 88,15%, dan pada aspek penilaian pembelajaran termasuk dalam kategori cukup mampu dengan persentase tampak sebesar 64,28% dan tidak tampak 35,7l %.Meskipun sebenarnya kurikulum 2013 belum sepenuhnya bisa diterapkan oleh guru dalam aktifitas pembelajaran hal ini disebabkan karena masih kurangnya sarana dan prasarana serta media pembelajaran sebagai penunjang keterlaksanaan kurikulum 2013 di SMPN 1 Indralaya. Akan tetapi, pengimplementasi kuarikulum 2013 pada mata pelajaran lPS ini masih dapat dilanjutkan untuk proses pembelajaran selanjumya.Keywords
References
Arikunto Suharsimi (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta,
Depdiknas (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta
Hamalik, Oemar.1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hasan, Hamid.2007. ‘Pengembangan dan Implementasi KTSP, Konsep dan Substansi’. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional KTSP , UNNES, Semaran, 15 Maret 2007
Kasmadi, Hartono. 2007. ‘Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai Mata Pelajaran yang Unggul? Sebuah Tantangan Bagi Pembelajaran Sejarah?’. Makalah disajikan dalam Seminar Ikatan Himpunan Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI), UNNES, Searang, 16 April 2007
Isjoni. 2007. Integrated Learning (Pendekatan Pembelajaran IPS Di Pendidikan Dasar). Penerbit Falah Production. Bandung.
Kemdikbud. (2013). Konsep IPS Terpadu. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi kurikulum 2013.Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. (2013). Pedoman Hasil Belajar. Jakarta: Kemdikbud.
Kunandar. 2007. Guru Implementasi Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru. Rajawali Press. Devisisi buku Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Materi Pemaparan Wakil Menteri Bidang Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kurikulum 2013. Dipaparkan pada tanggal 8 Januari2013 di Jakarta.
Miles, Manthew B dan A. Michael Huberman. 1994. Terjemahan Tjejep Rohendi. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Sebuah Panduan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Cet.4. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muzamiroh, Mida Latifatul, S. S. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Nasution. & MA.2003 . Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarkarta Kencana Prenada Media Group.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Susilo, Joko. (2006). KTSP: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan sekolah Menyogongnya. Bandung: Pustaka Pelajar.
Susilo. M. Joko. 2007. KTSP, Manajemen Pelaksanaan dan kesiapan sekolah. Jakarta: Pustaka Belajar Offset.
Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda karya.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan lmplementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Article Statistic
Abstract view : 443 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 290 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Riski Utama Putriani, Riswan Jaenudin, Dewi Koryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.