PENGARUH STRATEGI DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS Dl SMP NEGERI 1 TANJUNG BATU
Abstract
Abstract: Problem formulation in this research is Is there any difference of influence of strategy of developmentally appropriate practice with strategy to enliven learning atmosphere to student learning result in IPS subject in SMP Negeri 1 Tanjung Batu ?. This research design uses true experimental design with pretest posttest control group design. The population in this study is all students of class VIII consisting of 4 classes with a total of 127 students. By using Cluster Random Sampling technique, there are two classes, namely class VIII I as the experimental class which amounted to 32 people and class VIII 2 as the control class which amounted to 32 people. Data collection techniques were obtained using tests and observations. Data analysis technique used is prerequisite test and hypothesis test with t-test formula. Based on the analysis of test data on t-test obtained t arithmetic or 2, 765> 1, 999 then Ho rejected and Ha accepted. Thus the hypothesis proposed in this study is acceptable truth, that there are differences in the influence of strategy developmentally appropriate practice with the strategy of enabling the learning atmosphere of student learning outcomes in the subjects of social studies in SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Based on the results of observational data analysis in the experimental class that is 93.3% and 88.9% control class so that can be interpreted the learning activities conducted by researchers very well. So it is suggested to the teacher to apply the strategy of developmentally appropriate practice in the learning process.
Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan pengaruh strategi developmentally appropriate practice dengan strategi menghidupkan suasana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Batu?. Desain penelitian ini menggunakan true eksperimental design dengan bentuk pretest posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 127 peserta didik. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling maka diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yang _berjumlah 32 orang dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data tes pada uji-t didapat t hitung atau 2, 765 > 1, 999 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada perbedaan pengaruh strategi developmentally appropriate practice dengan strategi menghidupkan suasana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen yaitu 93,3% dan kelas kontrol 88,9% sehingga dapat diinterpretasikan aktifitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik. Sehingga disarankan kepada guru agar menerapkan strategi developmentally appropriate practice ini dalam prosespembelajaranKeywords
References
Aprilia. 2013. Pengaruh Strategi Developmentally Appropriate Practice (DAP) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 2 Tanjung Raja. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.
Dimyati dan Mudjono.2006.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Kineka Cipta.
Hamalik,Oemar.2008.Pendekatan baru strategi belajar mengajar berdasarkan CBSA.Bandung:Sinar Baru
Algensindo. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Hasan, Zaini. 2002. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Isjoni. 2009. Guru Sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ngalimun. 2014. Model dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswajaya Pressindo.
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan (Penerapan Teori Developmentally Appropriate Practice). Jakarta: Indonesia
Heritage Foundation.. 2010. Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan (Penerapan Teori Developmentally Appropriate Practice). Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
Nugraha, Ali. 2012. Kurikulum Bahan Belajar TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setiawan. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Silberman, Mel. 2009. Aktive Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif: Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudirman, S Aril'. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
------------ 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Trianto.2012.Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif Jakarta; Bumi Aksara.
Wena, Made. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini, Hisyam,dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Article Statistic
Abstract view : 579 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 4334 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rosalina Rosalina, Yulia Djahir, Fitriyanti Fitriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.