ANALISA GAYA MENGAJAR GURU EKONOMI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN LAHAT
Abstract
Abstract: This research entitled Analysis Teaching Style Teachers Economics in SMA Negeri Se-Subdistrict Lahat. The formulation of the problem in research is how to teach style of economics teacher in SMA Negeri Se-Kecamatan Lahat. The method used is descriptive quantitative. Variable in research is teacher teaching style. The teaching styles studied are classical teaching style, technological, personalization and interconnection teaching style. The population in this study were all teachers of economics in Lahat Sub-district with 17 teachers. The sample selection was taken by using purposive sampling technique with 7 teachers. Data collection techniques used in this study are observation and interview. Observations and interviews were used to collect data on teachers' teaching styles. From the research results show that teaching style is often used is as follows, 1) interactional teaching style with an average of 75.08%, 2) teaching style personalization with an average of 73.60%, 3) technological teaching style with the average of 64.20%, and 4) classical teaching style with an average of 48.52%. In addition, in this study also found that the factors that influence the style of teaching of economic teachers in SMA Negeri Se-Kecamatan Lahat influenced by the teacher's working period and school infrastructure advice. The suggestion of this research result is that teacher and school side can improve their knowledge and teaching skill so that the learning process can run better.
Abstrak: Penelitian ini berjudul Analisis Gaya Mengajar Guru Ekonomi di SMA Negeri Se-Kecamatan Lahat. Rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimana gaya mengajar guru ekonomi di SMA Negeri Se-Kecamatan Lahat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian adalah gaya mengajar guru. Gaya mengajar yang diteliti yaitu gaya mengajar klasik, teknologis, personalisasi dan gaya mengajar interksional. Adapun populasi pada penelitian adalah seluruh guru ekonomi di Kecamatan Lahat yang berjumlaj 17 guru. Pemilihan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumalah 7 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang gaya mengajar guru. Dari hasil penelitian menunjukkan gaya mengajar yang sering digunakan adalah sebagai berikut, 1) gaya mengajar interaksional dengan rata-rata sebesar 75.08%, 2) gaya mengajar personalisasi dengan rata-rata sebesar 73,60%, 3) gaya mengajar teknologis dengan rata-rata sebesar 64,20%, dan 4) gaya mengajar klasik dengan rata-rata sebesar 48,52%. Selain itu, pada penelitian ini juga ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi gaya mengajar guru ekonomi di SMA Negeri Se-Kecamatan Lahat dipengaruhi oleh masa kerja guru dan saran prasarana sekolah. Adapun saran dari hasil penelitian ini adalah agar guru dan pihak sekolah dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar sehingga proses pembeljaran dapat berjalan dengan lebih baikKeywords
References
Anonim. 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara
______. 2003. UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara
Ali, Muhammad. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo
Agganing, Paradika. Hubungan Gaya Mengajar Guru dan Sikap Peserta didik dengan Prestasi Belajar Peseta Didik Kelas 5 di kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Eprints.uns.ac.id/7164/214871012301103291. Diakses pada tanggal 3 Desember 2014
Arikunto, Suharsimi. 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Prosedur Tips menjadi Guru Inspiratif Kreatif dan Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
Chatib, Mutif. 2009. Sekolahnya manusia Sekolah Yang Berbasis Multipe Intelegences di Indonesia. Bandung: Kaifah
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Peserta Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Penedekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Depdiknas
_______ Dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Gagarin, Muhammad yuri. Saleh palu, dan Baharuddin. Pengaruh Sarana Dan Prasanan Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur.https://pasca.unhas.ac.id/jurnal.files/6ac336932ec1.fdf. diakses pada tanggal 1 mei 2014
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Marisa, Ika. 2013.Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Keaktifan Belajar Peserta Didik di SD Negeri 95/I Desa Olak, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Fkipunj.ok.com/versi_2a/extensi/artik/el/ilmia/ artikel/A1D108033146.pdf. Diakses pada tanggal 2 desember 2014
Moleong, Lexy J. 2004 Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
______. 2013. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenagkan). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pamungkas. 2010. Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Surabaya: Giri Surya
Raharja, Manurung. 2006. Pengantar Ilmu Ekonomi (ekonomi makro daan ekonomi mikro). Jakarta: FE UI.
Rosyada Febrima. 2009. Skripsi “Analisis Gaya mengajar Guru Dalam Penerapan kurikulum KTSP Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 Palembang”. Indralaya: Universitas Sriwijaya
Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Subini, Nini. 2012. Awas Jangan jadi Guru Karbitan. Jogjakarta: Javalitera
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
_______. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sukirno, Husodo. 2010. Micro ekonomi.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Suntoda, Andi. 2007. Pengaruh Gaya Mengejar dan Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Forehand Groundstroke Petenis Pemula. File.upi.edu/FPOK/JUR_PEND_OLAHRAGA/195806201986001_ANDI_SUNTONDA_SITUMORANG/Proposal_Penelitian.pdf. Diakses tanggal 3 Desember 2014.
Suparman S. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Peserta didik. Yogyakarta: Pinus Book Publisher
Suparlan. 2003. Menjadi Guru Efektif. Jakarta: CV Hikayat.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional Pedoman Kerja Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar.Ruzz Media.
Universitas Sriwijaya. 2010. Buku Pedoman Universitas Sriwijaya. Indralaya: Mitra Kharisma Indralaya.
______, 2013. Buku Pedoman Universitas Sriwijaya. Indralaya: Mitra Kharisma Indralaya.
Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan (Problema Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Bumi Aksara.
Watini. 2007. Tiga Gaya Mengajar Guru.http://groups.yahoo.com/neo/groups/cfbeconversion.tropics/30334?var=1. Diakses tanggal 3 Desember 2013.
Widodo, S Eko Putro. 2010. Kompetensi Mengajar Guru IPS SMA Kabupaten Purworejo.http://umpwt.ac.id/publikasi ilmiahuns.ac.id/Kompetnsi%2520Mengajar%2520Guru%2520IPS%2520sma%2520Kabupaten%2520Purworejo.pdf. Diakses Tanggal 1 Mei 2014.
Article Statistic
Abstract view : 970 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 3530 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Muhammad Safari, Riswan Jaenudin, Dewi Koryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.