PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Fiarika Dwi Utari(1*), Ikbal Barlian(2), Deskoni deskoni(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v5i1.5635

Abstract

Abstract: This study aims to look at the Influence of Cooperative Learning Teams Games Tournament on Student Learning Outcomes in Subjects Economics at SMA Muhammadiyah 2 Palembang. The formulation of the problem, namely “is there an influence of cooperative learning teams games tournament against student learning outcomes on economic subjects in SMA Muhammadiyah 2 Palembang". The method in this research is the method of associative research. The population in this study were all students of X (tenth) grade of SMA Muhammadiyah 2 Palembang. The sample technique used was cluster random sampling and X.2 with 30 students have selected as a sample. techniques used in data collection were tests and observation. The results were obtained thitung ? ttabel, then the hypothesis, Ho is rejected and Ha accepted. Then it can be concluded there is significant cooperative learning teams tournament games against student learning outcomes on economic subjects in SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Furthermore, the results of student learning in the subjects of Economics at SMA Muhammadiyah 2 Palembang with the implementation of Cooperative Learning Teams Games Tournament based on constraints in the study, suggested that teachers who will implement the type of teams games tournament to keep the attention on students within these divisions both initial group or tournament games groups and guiding students in group discussions.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Adapun rumusan masalah yaitu “apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang”. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X.2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu korelasi pearson product moment. Hasil penelitian diperoleh hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Selanjutnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang dengan diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berdasarkan kendala dalam penelitian ini, disarankan agar guru yang akan menerapkan tipe teams games tournament untuk tetap mengawasi siswa dalam pembagian kelompok baik kelompok awal maupun kelompok games tournament dan membimbing siswa dalam diskusi kelompok.

Keywords


Tipe Teams Games Tournament, Hasil Belajar

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Pers.

Dahar, R. Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Djahir, Yulia. 2015. Perencanaan dan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Talenta Indonesia Mandiri.

Fathurrohman. 2015. Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi aksara.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Millah, Iklilul. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM pada Materi Hidrokarbon. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pusparini, Novi. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Malang.

Raharja dan Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi: Makro Ekonomi dan Mikro Ekonomi. Jakarta: FE Universitas Indonesia.

Rasyid. 2002. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman . 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Professionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, R Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Slavin, Robert E.. 2015.Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Solihatin, Etin. 2014. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudremi, Yuliana. 2013. Pengetahuan Sosial Ekonomi SMA/MA 2 Kelas IX, Jakarta: Bumi Aksara.

ssSugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2015. Mikro Ekonomi: Teori Pengantar: Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utami, Dian. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 1 Way Tuba. Tesis. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Widoyoko, Eko. 2010. Evaluasi ProgramPembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Statistic

Abstract view : 1228 times
PDF views : 1341 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fiarika Dwi Utari, Ikbal Barlian, Deskoni deskoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.