PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Adapun rumusan masalah yaitu “apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang”. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X.2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu korelasi pearson product moment. Hasil penelitian diperoleh hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Selanjutnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang dengan diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berdasarkan kendala dalam penelitian ini, disarankan agar guru yang akan menerapkan tipe teams games tournament untuk tetap mengawasi siswa dalam pembagian kelompok baik kelompok awal maupun kelompok games tournament dan membimbing siswa dalam diskusi kelompok.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Pers.
Dahar, R. Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Djahir, Yulia. 2015. Perencanaan dan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Talenta Indonesia Mandiri.
Fathurrohman. 2015. Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi aksara.
Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Millah, Iklilul. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM pada Materi Hidrokarbon. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Pusparini, Novi. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Malang.
Raharja dan Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi: Makro Ekonomi dan Mikro Ekonomi. Jakarta: FE Universitas Indonesia.
Rasyid. 2002. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rusman . 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Professionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sani, R Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Slavin, Robert E.. 2015.Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Solihatin, Etin. 2014. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudremi, Yuliana. 2013. Pengetahuan Sosial Ekonomi SMA/MA 2 Kelas IX, Jakarta: Bumi Aksara.
ssSugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukirno, Sadono. 2015. Mikro Ekonomi: Teori Pengantar: Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Utami, Dian. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 1 Way Tuba. Tesis. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Widoyoko, Eko. 2010. Evaluasi ProgramPembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Article Statistic
Abstract view : 1212 timesPDF views : 1336 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Fiarika Dwi Utari, Ikbal Barlian, Deskoni deskoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.