PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS.2 SMA NEGERI 13 PALEMBANG
Abstract
This study aims to determine the application of discovery learning learning models to students of class XII IPS.2 Palembang State High School 13. The research used is Classroom Action Research (CAR) or Classroom Action Research (CAR) which aims to improve and find solutions to real problems in improving the learning process in the classroom. This research has several cycles. Each cycle consists of 4 stages of interrelated and continuous activities, namely: planning (planning), implementation (acting), observation (observing), and reflection (reflecting). The results of the study showed that using the discovery learning model of learning completeness of students before the action and after the action, namely; cycle I (60.00%), and cycle II (90.00%). Thus, it can be concluded that there is a significant change in learning outcomes between before and after being given class action by applying discovery learning learning models to students of class XII IPS.2 Palembang 13 Public High School so that this research is considered to be successful.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang bertujuan untuk memperbaiki dan mencari solusi dari persoalan yang nyata dalam meningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini memiliki beberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan dan sesudah tindakan yaitu; siklus I (60,00%), dan siklus II (90,00%). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perubahan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang sehingga penelitian ini dianggap berhasil dengan baik.
Keywords
References
Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Pasal 2.
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
M Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad ke-21. Bogor: Ghalia Indonesia
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sukwiaty, dkk. 2007. Ekonomi SMA Kelas XI. Bandung: Yudhistira
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
http://www.seputarilmu.com/2015/12/12-pengertian-akuntansi-menurut-para.html diakses tanggal 5 Januari 2017 pukul 23.12 wib
http://eprints.uny.ac.id/21658/1/04%20Ellyza%20Sri%20%20Widyastuti.pdf diakses tanggal 6 Januari 2017 pukul 10.45 wib
Article Statistic
Abstract view : 4402 timesPDF views : 43384 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Salmi Salmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.