• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS.2 SMA NEGERI 13 PALEMBANG | Salmi | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS.2 SMA NEGERI 13 PALEMBANG

    Salmi Salmi(1*)
    (1) SMA Negeri 13 Palembang
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v6i1.7865

    Abstract

    Abstract
    This study aims to determine the application of discovery learning learning models to students of class XII IPS.2 Palembang State High School 13. The research used is Classroom Action Research (CAR) or Classroom Action Research (CAR) which aims to improve and find solutions to real problems in improving the learning process in the classroom. This research has several cycles. Each cycle consists of 4 stages of interrelated and continuous activities, namely: planning (planning), implementation (acting), observation (observing), and reflection (reflecting). The results of the study showed that using the discovery learning model of learning completeness of students before the action and after the action, namely; cycle I (60.00%), and cycle II (90.00%). Thus, it can be concluded that there is a significant change in learning outcomes between before and after being given class action by applying discovery learning learning models to students of class XII IPS.2 Palembang 13 Public High School so that this research is considered to be successful.


    Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang bertujuan untuk memperbaiki dan mencari solusi dari persoalan yang nyata dalam meningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini memiliki beberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan dan sesudah tindakan yaitu; siklus I (60,00%), dan siklus II (90,00%). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perubahan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang sehingga penelitian ini dianggap berhasil dengan baik.

    Keywords


    Ekonomi, Model Pembelajaran Discovery Learning, Ketuntasan Belajar

    References


    Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Pasal 2.

    Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

    Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Jakarta: PT. Rineka Cipta

    Hamalik, Oemar. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Jakarta: Sinar Baru Algensindo

    Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

    Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

    M Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad ke-21. Bogor: Ghalia Indonesia

    Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

    Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

    Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

    Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

    Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

    Sukwiaty, dkk. 2007. Ekonomi SMA Kelas XI. Bandung: Yudhistira

    Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

    http://www.seputarilmu.com/2015/12/12-pengertian-akuntansi-menurut-para.html diakses tanggal 5 Januari 2017 pukul 23.12 wib

    http://eprints.uny.ac.id/21658/1/04%20Ellyza%20Sri%20%20Widyastuti.pdf diakses tanggal 6 Januari 2017 pukul 10.45 wib


    Article Statistic

    Abstract view : 4475 times
    PDF views : 43428 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Salmi Salmi

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.