PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS.2 SMA NEGERI 13 PALEMBANG

Salmi Salmi(1*)
(1) SMA Negeri 13 Palembang
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v6i1.7865

Abstract

Abstract
This study aims to determine the application of discovery learning learning models to students of class XII IPS.2 Palembang State High School 13. The research used is Classroom Action Research (CAR) or Classroom Action Research (CAR) which aims to improve and find solutions to real problems in improving the learning process in the classroom. This research has several cycles. Each cycle consists of 4 stages of interrelated and continuous activities, namely: planning (planning), implementation (acting), observation (observing), and reflection (reflecting). The results of the study showed that using the discovery learning model of learning completeness of students before the action and after the action, namely; cycle I (60.00%), and cycle II (90.00%). Thus, it can be concluded that there is a significant change in learning outcomes between before and after being given class action by applying discovery learning learning models to students of class XII IPS.2 Palembang 13 Public High School so that this research is considered to be successful.


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang bertujuan untuk memperbaiki dan mencari solusi dari persoalan yang nyata dalam meningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini memiliki beberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan dan sesudah tindakan yaitu; siklus I (60,00%), dan siklus II (90,00%). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perubahan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang sehingga penelitian ini dianggap berhasil dengan baik.

Keywords


Ekonomi, Model Pembelajaran Discovery Learning, Ketuntasan Belajar

References


Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Pasal 2.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

M Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad ke-21. Bogor: Ghalia Indonesia

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sukwiaty, dkk. 2007. Ekonomi SMA Kelas XI. Bandung: Yudhistira

Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

http://www.seputarilmu.com/2015/12/12-pengertian-akuntansi-menurut-para.html diakses tanggal 5 Januari 2017 pukul 23.12 wib

http://eprints.uny.ac.id/21658/1/04%20Ellyza%20Sri%20%20Widyastuti.pdf diakses tanggal 6 Januari 2017 pukul 10.45 wib


Article Statistic

Abstract view : 4402 times
PDF views : 43384 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Salmi Salmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.