Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita

Elvy Ratu Purbara, Subadiyono Subadiyono, Kasmansyah Kasmansyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Metode yang digunakan adalah Eksperimen Semu. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII.2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, teknik pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes awal kelas Eksperimen 39.76 meningkat menjadi 89.36 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 49.06. Dari hasil uji-t nilai rata-rata tes akhir anatara kalompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (p<0.05). Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model CIRC berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang.

Kata-kata Kunci: model pembelajaran CIRC, membaca pemahaman, teks berita

Abstract: This study aimed at finding out the influence of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model towards reading comprehension on news item text of the eighth graders of SMP Negeri 13 Palembang. The method of this study was quasi-experimental. The students of Class VIII.2, as the experimental group, and of Class V.III, as the control group, were chosen as the samples of the data. To collect the data, a test was done, and to analyze the data, t-test by using SPSS 20 was conducted. The results showed that the average of the initial test from experimental group was 39.76 which then increased to 89.36 on the final test – indi- cating that there was an increase of 49.06. From the t-test, the average of final test between the experimental and control group showed a significant difference (p<0.05). Therefore, it can be concluded that the application of CIRC model affected the students’ reading comprehension on news item text of the eighth graders of SMP Negeri 13 Palembang.

Keywords: CIRC learning model, reading comprehension, news item text


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung, Indonesia: PT Refika Aditama.

Isjoni. (2013). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan bela- jar berkelompok. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Kurniasih, I., & Berlin, S. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran un- tuk peningkatan profesionalitas guru. Yogyakarta, Indonesia: Kata Pena.

Slavin, R. E. (2016). Cooperative learning: Teori, riset dan praktik. Bandung, Indone- sia: Nusa Media.

Subadiyono. (2011). Peningkatan pemaha- man bacaan dengan menggunakan pen- dekatan interaktif. Yogyakarta, Indonesia: Pohon Cahaya.

Sumadiria. (2011). Jurnalistik Indonesia: Menulis berita dan feature panduan praktis jurnalis profesional. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung, Indonesia: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.