PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN GOOGLE MEET DENGAN ZOOM MEETING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 18 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan google meet dengan zoom meeting pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri18 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 18 Palembang yang berjumlah 100 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 67 siswa terdiri dari kelas XI IPS 1 yang menggunakan google meet dan kelas XI IPS 2 yang menggunakan zoom meeting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif. Pengumpulan data tes dianalisis dengan rata-rata dan selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa menggunakan google meet dengan zoom meeting pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 18 Palembang. Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan google meet adalah 75 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan zoom meeting adalah 69. Hasil pengujian hipotesis dinyatakan 14,892 dengan dk sama dengan 65 dan taraf signifikan ? = 0,05 diperoleh sebesar 1,997. Hal ini menunjukkan bahwa atau 14,892 > 1,997 dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima atau terdapat perbandingan hasil belajar siswa menggunakan google meet dengan zoom meeting pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 18 Palembang.
Keywords
References
Darmuki, Agus. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19.
Fauzi, FA. & Puji Lestari. 2020. Implementasi Pembelajaran Individual Head Number Berbasis Google Meet dan Classroom Pada Materi Trigonometri. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika. 10(02).
Fiyanti, O. dkk. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik antara Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Zoom dan Google Classroom. PMAT 019.
Jihad, Asep & Abdul Haris. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Juniartini, NME. & Rasna, IW. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. 09.(02).
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Monica, J. & Dini Fitriawati. 2020. Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi. 09(02).
Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Paksi, HP. & Ariyanti, L. 2020. Sekolah dalam Jaringan. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.
Pratiwi, AD. dkk. 2019. Potensi Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2019. ISBN : 978-623-92630-0-3.
Putri, EAR & Ni’matush Sholikhah. 2021. Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Platfrom Whatsapp Group dan Google Meet Pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 03(06).
Rahayu, TS. & Indrajit, RE. 2020. Belajar Semudah ‘Klik’ Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning dalam Konsep Merdeka. Yogyakarta : ANDI.
Sawitri, Dara. 2020. Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home di Era Pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 02(01)
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wiratama, NA. 2020. Penerapan Google Meet dalam Perkuliahan Daring Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar PKN SD Saat Pandemi Covid19. JTIEE. 04(02).
Article Statistic
Abstract view : 831 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 369 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yolanda Permata Sari, Zahruddin Hodsay, Januardi Januardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.