• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN GOOGLE MEET DENGAN ZOOM MEETING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 18 PALEMBANG | Sari | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN GOOGLE MEET DENGAN ZOOM MEETING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 18 PALEMBANG

    Yolanda Permata Sari(1*), Zahruddin Hodsay(2), Januardi Januardi(3)
    (1) 
    (2) Universitas PGRI Palembang
    (3) Universitas PGRI Palembang
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v8i2.15620

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan google meet dengan zoom meeting pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri18 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 18 Palembang yang berjumlah 100 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 67 siswa terdiri dari kelas XI IPS 1 yang menggunakan google meet  dan kelas XI IPS 2 yang menggunakan zoom meeting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif. Pengumpulan data tes dianalisis dengan rata-rata dan selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa menggunakan google meet dengan zoom meeting pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 18 Palembang. Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan google meet adalah 75 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan zoom meeting adalah 69. Hasil pengujian hipotesis dinyatakan  14,892 dengan dk sama dengan 65 dan taraf signifikan ? = 0,05 diperoleh  sebesar 1,997. Hal ini menunjukkan bahwa  atau 14,892 > 1,997 dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima atau terdapat perbandingan hasil belajar siswa menggunakan google meet dengan zoom meeting pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 18 Palembang.

     

    Keywords


    Pendidikan Ekonomi, Strategi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Kewirausahaan, Kajian Ilmu Ekonomi, Media Pembelajaran

    References


    Darmuki, Agus. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19.

    Fauzi, FA. & Puji Lestari. 2020. Implementasi Pembelajaran Individual Head Number Berbasis Google Meet dan Classroom Pada Materi Trigonometri. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika. 10(02).

    Fiyanti, O. dkk. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik antara Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Zoom dan Google Classroom. PMAT 019.

    Jihad, Asep & Abdul Haris. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

    Juniartini, NME. & Rasna, IW. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. 09.(02).

    Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

    Monica, J. & Dini Fitriawati. 2020. Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi. 09(02).

    Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

    Paksi, HP. & Ariyanti, L. 2020. Sekolah dalam Jaringan. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.

    Pratiwi, AD. dkk. 2019. Potensi Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2019. ISBN : 978-623-92630-0-3.

    Putri, EAR & Ni’matush Sholikhah. 2021. Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Platfrom Whatsapp Group dan Google Meet Pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 03(06).

    Rahayu, TS. & Indrajit, RE. 2020. Belajar Semudah ‘Klik’ Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning dalam Konsep Merdeka. Yogyakarta : ANDI.

    Sawitri, Dara. 2020. Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home di Era Pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 02(01)

    Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

    Wiratama, NA. 2020. Penerapan Google Meet dalam Perkuliahan Daring Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar PKN SD Saat Pandemi Covid19. JTIEE. 04(02).


    Article Statistic

    Abstract view : 860 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 377 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Yolanda Permata Sari, Zahruddin Hodsay, Januardi Januardi

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.