• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VOLUME PRISMA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) | Fadlilah | Jurnal Pendidikan Matematika

    PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VOLUME PRISMA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)

    Nur Fadlilah

    Abstract


    Topik volume prisma merupakan topik yang penting untuk dipelajari. Mempelajari topik volume prisma memungkinkan siswa untuk menghubungkan matematika dengan lingkungan yang dapat mengembangkan kemampuan dan mental siswa. Pada kenyataannya, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, pemahaman konsep siswa pada materi volume prisma masih kurang. Hal ini menyebabkan terjadi kesalahan-kesalahan pada penyelesaian masalah yang berkaitan. Oleh karena itu serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan pada kurikulum 2013 yaitu menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, serta nilai-nilai baru yang diperlukan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan PMRI terhadap pamahaman konsep siswa pada materi volume prisma. Dalam penelitian ini, the One-Shot Case Study dipilih sebagai jenis penelitian yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Sakatiga, Indralaya.

    Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Volume Prisma, PMRI

     

    DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.8.2.1864.20-32

     


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.8.2.1864.20-32


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: