PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VOLUME PRISMA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) | Fadlilah | Jurnal Pendidikan Matematika
PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VOLUME PRISMA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)
Nur Fadlilah
Abstract
Topik volume prisma merupakan topik yang penting untuk dipelajari. Mempelajari topik volume prisma memungkinkan siswa untuk menghubungkan matematika dengan lingkungan yang dapat mengembangkan kemampuan dan mental siswa. Pada kenyataannya, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, pemahaman konsep siswa pada materi volume prisma masih kurang. Hal ini menyebabkan terjadi kesalahan-kesalahan pada penyelesaian masalah yang berkaitan. Oleh karena itu serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan pada kurikulum 2013 yaitu menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, serta nilai-nilai baru yang diperlukan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan PMRI terhadap pamahaman konsep siswa pada materi volume prisma. Dalam penelitian ini, the One-Shot Case Study dipilih sebagai jenis penelitian yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Sakatiga, Indralaya.