Kajian Soal Buku Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framework PISA

zulva munayati, Zulkardi Zulkardi, Budi Santoso

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan soal di buku teks Matematika Kelas X berdasarkan framework PISA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis. Subjek penelitiannya berupa soal uji kompetensi di Bab 1, 2, 9, dan 11 buku Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan jumlah soal framework PISA pada buku teks hanya 44 soal (46,81%), lebih rendah dari soal non-framework PISA yang mencapai 50 soal (53,19%). Dalam soal framework PISA, semua aspeknya termuat. Pada aspek konten, jenis konten didominasi Shape and Space (Ruang dan Bentuk) 24 soal (54,54%), lalu Uncertainly and Data (Ketidakpastian dan Data) 10 soal (22,73%), Change and Relationship (Perubahan dan Hubungan) 6 soal (13,64%), dan Quantity (Bilangan) 4 soal (9,09%). Pada aspek konteks, jenis konteks yang sering digunakan Science (Ilmiah) 31 soal (70,45%), lalu Occupational (Pekerjaan) 8 soal (18,18%), Personal (Pribadi) 3 soal (6,81%), dan Societal (Sosial) 2 soal (4,54%). Pada aspek proses, yang dominan Employ (Menerapkan) 35 soal (79,54%), diikuti Interpret (Menafsirkan) 5 soal (11,36%) dan Formulate (Merumuskan) 4 soal (9,09%). Terkait tingkat kesulitan, soal framework PISA baru mencapai level 4. Sebarannya, level 2 (21 soal atau 47,72%), level 3 (17 soal atau 38,63%), level 4 (4 soal atau 9,09%), dan level 1 (2 soal atau 4,54%).

Kata kunci: deskriptif-analitis, buku teks, kurikulum 2013, soal framework PISA.

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.9.2.2161.188 - 206


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.9.2.2161.188%20-%20206


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: