• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN RATA-RATA HITUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS VII | Putria | Jurnal Pendidikan Matematika

    PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN RATA-RATA HITUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS VII

    Aditin Putria, Ratu Ilma Indra Putri, Budi Mulyono

    Abstract


    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pokok bahasan rata-rata hitung menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas VII.A SMP Negeri 1 Pangkalpinang. Proses pembelajaran, hasil belajar, dan penilaian hasil belajar yang dilakukan berpedoman pada  kurikulum 2013. Hasil dan pembahasan menunjukkan (1) keaktifan siswa dalam proses belajar 65% berkategori baik, berdasarkan observasi aktivitas siswa saat proses menunjukkan siswa mendengarkan atau memperhatikan penjelasan guru dan teman dengan aktif, menyelesaikan masalah, membandingkan jawaban atau berdiskusi dengan teman, berani mengkomunikasikan ide, serta bertanya atau menanggapi pertanyaan teman/guru;(2) hasil belajar pada ranah sikap selama proses, pengetahuan, dan keterampilan unjuk kerja dari 33 orang siswa menunjukkan ketuntasan dengan persentase 100%. Hasil belajar pada ranah sikap selama proses pembelajaran menunjukkan siswa mencapai ketuntasan untuk sikap jujur dan tanggungjawab dalam kelompok dengan predikat Baik (B). Hasil belajar keterampilan unjuk kerja dinilai menggunakan instrumen skala penilaian (rating scale). Hasil belajar 33 siswa pada ranah pengetahuan menggunakan tes formatif sebagai instrumen penilaian pengetahuan memberikan umpan balik bagi usaha perbaikan kualitas pembelajaran di kelas, didukung dengan bahan ajar yang menghasilkan tiga strategi siswa dalam menyelesaikan masalah terkait rata-rata yaitu menggunakan rumus rata-rata, leveling, dan ‘tebak dan cek’ (guess and check).

    Kata-kata kunci : Rata-rata hitung, PMRI, Kurikulum 2013, Hasil belajar.

     

    DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.9.2.2430.148 - 161


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.9.2.2430.148%20-%20161


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: