PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH | listyanto | Jurnal Pendidikan Matematika
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Rudi listyanto
Abstract
ABSTRAK
Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan mempunyai efek potensial meningkatnya hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Adapaun tahap tahap dalam penelitian tindakan kelas adalah perencanaan , tindakan , observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 7 SMA Xaverius 1 Palembang semester ganjil tahun pembelajaran 2015 /2016 yang berjumlah 36 siswa.  Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran berbasis masalah. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi , tes dan video. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diketahui bahwa kegiatan belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemempuan berpikir kritis siswa dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah,Berpikir kritis siswa dan Penelitian tindakan kelas.