• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLETE SENTENCE DAN TEAM QUIZ | Purnama | Jurnal Pendidikan Matematika

    KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLETE SENTENCE DAN TEAM QUIZ

    Imas Layung Purnama, Ekasatya Aldila

    Abstract


    Jenis penelitian ini adalah  penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VII, sampel diambil sebanyak dua kelas (kelas Complete Sentence,  kelas Team Quiz). Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi: uraian dan tes skala sikap. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dan Tipe Team Quiz. (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence berinterpretasi sedang. (3) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz berinterpretasi sedang. (4) Sikap siswa kelas VII-A sebagai kelas Complete Sentence terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence berinterpretasi baik. (5) Sikap siswa kelas VII-B sebagai kelas Team Quiz terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz berinterpretasi baik.

     

    DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3267.26-41


    Keywords


    Kemampuan komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif tipe Complete Sentence, Pembelajaran Kooperatif tipe Team Quiz, Kuasi Eksperimen.

    Full Text:

    PDF

    References


    Asmar, G. (2015). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Mendapatkan Model Koopertif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dengan Model Kooperatif Tipe Creative Problem Solving (CPS). Skripsi Pada Program Matematika STKIP Garut: tidak diterbitkan.

    Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta : PT Grasindo.

    NCTM. (1996). Communicattion in Mathematics. K-12 and Byon, Virginia.

    NCTM. (2000). Principles and standards for teaching school mathematics. Reston, VA: Author.

    Silberman, M. (2007). Active Learning: 101 Strategi pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

    Slavin, R. E. (2009). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Indeks.

    Sundayana, R. (2012). Komputasi Data Statistika. Garut: STKIP Garut Press.

    Sundayana, R. (2013). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

    Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

    Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning :Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning :Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3267.27-42


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: