PROSES BERPIKIR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Muhammad Yani, M. Ikhsan, Marwan Marwan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan proses berpikir dan menganalisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan pengukuran Polya ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini merupakan penelitian deskirptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa dari kelas IX SMP N 1 Banda Aceh tediri dari tiga siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling dan berdasarkan tingkatan AQ (climber, camper, dan quitter) dan komunikasi (lisan dan tertulis). Pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas, dan triangulasi untuk mengecek validitas data. Data dianalisis menggunakan konsep dari Miles dan Huberman: yaitu tahap pengurangan data, presentasi data, dan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Proses berpikir dari subjek climber yaitu secara asimilasi dalam memahami, merencanakan penyelesaian, .serta mengecek kembali; (2) Subjek camper juga berpikir secara asimilasi pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan mengecek kembali; (3) subjek quitter berpikir secara akomodasi dalam memahami masalah dan menyelesaikan masalah.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3278.42-57


Keywords


Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Tahap Polya, Adversity Quotient (AQ)

Full Text:

PDF

References


An, S., & Wu, Z. (2012). Enhanching Mathematics Teachers’ Knowledge of Students’ Thinking from Assessing and Analyzing Misconceptions in Homework. International Journal of Science and Mathematics Education, 10, 717-753. Blake, B., & Pope, T. (2008). Developmental Psychology: Incorporating Piaget’s and Vygotsky’s Theories in Classrooms. Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education, 1 (1), 59-67.

Firmanti, P. (2014). The Process of Deductive Thinking at 8th Grade Students with High Math Skill in Completing Geometric Proof. Proceeding of International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences 2014, Yogyakarta State University, 391-398.

Gage, N. L. & Berliner, D. (1984). Educational Psychology Third Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.

Harian Kompas, ( 14 Desember 2012). Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun.

_______, (5 Desember 2013). Skor PISA: Posisi Indonesia Nyaris Jadi Juru Kunci.

Herawati, S. (1994). Penelusuran Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Bangun-bangun Geometri. (Studi Kasus di kelas V SD No. 4 Purus Selatan). Tesis magister, tidak diterbitkan, IKIP Malang.

Jazuli, A. (2009). Berpikir Kreatif dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Volume 2, 209-220.

Lerner, J. W .(1981). Learning disabilities : Theories, diagnosis, dan teaching strategies. Boston: Houghton Mifflin Company.

Miles, M. B., & Huberman. A. (1992) . Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Unversitas Indonesia.

Muzangwa, J., & Chifamba, P. (2012). Analyis of Errors and Misconceptions in the Learning of Calculus by Undergraduate Students. Acta Didactica Napocencia, 5(2), 1-10.

NCTM. (2010). Why is Teaching with Problem Solving Important to Student Learnig?. Diakses pada tanggal 28 Februari 2014, dari http://www.nctm.org /Research_brief_14_-_Problem_Solving.pdf

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia, 1 (2), 71-83.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang). Penerjemah: Amitya Kumara. Jakarta: Erlangga.

Piaget, J., & Inhelder, B. (1969). The Psychology of the Child. London and Henley: Routledge & Kegan Paul

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Priceton University Press.

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111-122.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika. Serambi Nasional, (7 Desember 2013). Mutu Pendidikan RI Terendah di Dunia.

Siswono, T. Y. E. (2002). Proses Berpikir Siswa dalam Pengajuan Soal. Konferensi Nasional Matematika XI, 22-25 Juli 2002, Malang. Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Soedjono. (1994). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Someren, V., Maarten, W.Y.F.B., & Jacobijn A.C.S. (1994). The Think Aloud Method: A Pratical Guide to Modelling Cognitive Processes. London: Academic Press.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sudarman. (2011). Proses Berpikir Siswa Quitter pada Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Edumatica, 1 (2), 15-24.

Supardi, U. S. (2013). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif, 3(1), 61-71.

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jeans Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Widdiharto, Rachmadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Jakarta: Depdiknas.

Widodo, S.A. (2012). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Dimensi Healer. Prosiding, FMIPA UNY, 85,796-800.

Yulaelawati. E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3278.42-57


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: ratuilma.jpm@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View JPM Stats


Indexed in: