PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENALARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PALEMBANG

Neny Lestari, Yusuf Hartono, Purwoko Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap penalaran matematika pada pembelajaran matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.5 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang berupa soal dalam bentuk uraian. Tes awal yang dilakukan sebelum dilakukannya pendekatan open-ended pada awal pertemuan sebagai pretest dan tes akhir yang dilakukan setelah dilakukannya pendekatan open-ended sebagai posttest. Hasil yang diperoleh setelah berlangsungnya proses pembelajaran dengan pendekatan open-ended adalah adanya pengaruh yang cukup signifikan terhadap penalaran matematik siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Palembang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended berpengaruh terhadap penalaran matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Palembang.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3284.81-95


Keywords


Open-Ended, Penalaran Matematika, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, S. (2012). “Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas VII SMP N 6 Palembangâ€. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya. Arikunto, S. (2009). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asriah, Asri, N. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dengan Pendekatan Open-Endedâ€. Skripsi. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Fachrudin, A. D. (2012). Alternatif Pembelajaran Pemecahan Masalah dan Langkah Pemecahannya.

Fadliyani, A. (2013). “Nilai – Nilai Pendidikan Matematika Siswa Pada Pembelajaran Concrete Representational Abstract (CRA) Berdasarkan Masalah di Kelas VII SMP Negeri 15 Palembangâ€. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Fitriyah, Y. (2013). “Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Open-Ended di Kelas VII SMP Negeri 1 Indralayaâ€. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Gustiningsih, T. (2013). “Soal Open-Endedâ€. http://www.slideshare.net/mutiara keluarga/soal-open-ended. Diakases pada tanggal 12 Juni 2014.

Ilaika, Y. (2013). “Nilai – Nilai Matematika (Mathematical Values) Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berdasarkan Masalah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Indralayaâ€. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Inprashita, M. (2006). Open-Ended Approach and Teacher Education. Thailand: Khon Kaen University.

Khalistin, R. A., & Hidayanto, E. (2013). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII-A di SMP Negeri Batu Pada Materi Segiempat. Universitas Negeri Malang.

Kesuma, D. P. (2014). “Pengaruh Metode Resitasi Dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 18 Palembangâ€. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Mahlobo, R. K. (2007). Open-Ended Approach To Teaching and Learning Of High School Mathematics. South Africa: Vaal University of Technology.

Takahashi, A. (2005). An Overview What is The Open-Ended Approach. Chicago: DePaul University.

Nugroho, S. (2011). “Kecakapan Berpikir Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Tipe Within Solution Posing di Kelas VIII SMP Negeri 1 Indralayaâ€. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Raharjo, S. (2014). “Uji Paired Sample t Test dengan SPSSâ€. http://www.konsistensi.com/2014/03/uji-paired-sample-t-test-dengan-spss.html. Diakses tanggal 12 Februari 2015.

Rifai, A. (2011). â€Pengembangan Soal Open-Ended Materi Pecahan di Sekolah Menengah Pertama Pagaralamâ€. Tesis. Palembang: Pascasarjana Universitas Sriwijaya.

Sa’adah, W. N. (2010). “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)â€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Shimada, S., & Becker J.P. (1997). The Open-Ended Approach. A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wurdock, T. M. (2000). A Comparative Analysis Of Japanese and U.S. Teaching Styles Of Mathematics. USA: Bemidji State University.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3284.81-95


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: