PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 13 PALEMBANG

Sri Yanuarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dan hasil belajar siswa pada pembelajaran geometri di kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 6 tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis POE terlaksana dengan sangat baik dari segi kegiatan guru dan kegiatan siswa terlaksana dengan nilai akhir 63,54 berkategori cukup. Hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi jarak pada dimensi tiga, diperoleh hasil tes siswa berkategori sangat baik sebesar 2,6%. Siswa berkategori baik 7,7%, berkategori cukup 46,15% dan berkategori kurang 43,6%

Keywords


Predict, Observe, Explain (POE), Geometri, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aunurahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2008). Kurikulum tingkat satuan pendidikan 2006. Jakarta: Depdiknas.

Damayanti, E. (2013). Pengaruh Teknik Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain)Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sampung Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Ponogoro: Universitas Muhammadiyah Ponogoro.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamim, M. (2012). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bantuan Macromedia Flash dan Alat Peraga Pada Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga di Kelas X MA Mir’atul Muslimien Ngambakrejo Kabupaten Grobogan Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Iswadji, D. (1993). Geometri ruang. Jakarta: Universitas Terbuka.

Joyce, C. (2006). Predict, Observe, Explain (POE). (Online), (https://arbs.nzcer.org.nz/strategies/poe.php), diakses 3 April 2016.

Keeratichamroen, W. (2007). Using The Predict-Observe-Explain (POE) to Promote Student’s Learning of Tapioca Bomb and Chemical Reactions. (Online), (http://www.il.mahidol.ac.th/English_site/research/proceedin/ICASE_Wasana%20Keeratichamroen.pdf), diakses 3 April 2016.

Restami, M.P., Suma, K., dan Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. E-journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. 1-11.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.3327.%25p


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View JPM Stats


Indexed in: