PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Darussholihin NW Kalijaga TP 2016-2017. Sampel penelitian adalah kelas XI IPS2 dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan XI IPS1 sebagai kelompok kontrol yang dipilih secara simple random. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah (r = 0,875). Data posttest kemmapuan pemecahan masalah dianalisis dengan uji t-test Polled varians setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis data menunjukkaan yaitu 2,65 > 1,679. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Benny, Pribadi. (2011). Model assure untuk mendesain pembelajaran sukses. Jakarta: Dian Rakyat.
Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amri, Sofan & Iif Khoiru Ahmadi. (2010). Konstruksi pengembangan pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
_______. (2010). Manajemen penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamiyah, Nur dan Muhamad Jauhar. (2014). Strategi belajar–mengajar di kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Heprilia, Vita Dwi Kurniasari, dkk. (2015). Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa sub pokok bahasan menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat pada siswa kelas X SMA Negeri Balung semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Pancaran, vol. 4, no. 2, hal 153-162.
Jannah, Miftakhul dkk. (2013). Penerapan model Missouri Mathematic Project (MMP) untuk meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa pada materi fungsi. Jurnal pendidikan matematika solusi. Vol.1, no.1, hal 60-66.
Krismanto, Al. (2003). Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Pelatihan Instruktur/Pengembangan SMU. Yogyakarta, 28 Juli-10 Agustus.
Puspitasari. (2010). Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Skripsi. Bandung: FMIPA UPI.
Saifuddin Azwar. (2011). Tes prestasi. Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarata. Pustaka Pelajar.
Shadiq, Fadjar. (2009). Modul matematika smp program bermutu model –model pembelajaran matematika SMP. Sleman: PPPPTK Matematika.
Shoimin, Aris. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sinaga, Bornok. (2014). Matematika untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas XI semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan-pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
_______. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung:Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryabrata, Sumandi. (2013). Metodologi penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sutarman, dkk. (2014). Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model Think Talk Write (TTW) dan Missouri Mathematics Project (MMP) ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII SMP negeri di kabupaten pacitan tahun ajaran 2012/2013. Jurnal elektronik pembelajaran matematika. Vol.2, no.10, hal 1008-1030.
Trianto. (2007). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
______. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif–progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Turmudi. (2010). Metodologi pembelajaran matematika. Pelatihan guru-guru matematika. Papua Barat.
Yuniarsih, Tanti. (2014). Kamus lengkap bahasa indonesia untuk pelajar, mahasiswa dan umum. Jakarta: Balai Pustaka.
Zuriah, Nurul. (2006). Metodologi penelitian social dan pendidikan: teori-aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3634.75-86
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: