PENGGUNAAN MIND MAP DIIRINGI MUSIK KLASIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 1 SAWAHLUNTO

Rezky Ramadhona

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan hasil belajar belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sawahlunto setelah menggunakan mind map dan musik klasik lebih baik dari sebelum menggunakan mind map dan musik klasik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan dua model rancangan yaitu One Group Pretest Posttest Design untuk melihat dampak perlakuan terhadap motivasi belajar dan Randomized Control Group Only Design untuk melihat dampak perlakuan terhadap hasil belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes akhir berupa soal essai. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa cenderung meningkat. Jadi disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa setelah menggunakan mind map dan musik klasik lebih baik dari pada sebelum menggunakan mind map dan musik klasik. Dari hasil uji hipotesis untuk data hasil belajar pada selang kepercayaan α = 0,05 diperoleh P-value = 0,022. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan mind map dan musik klasik lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan mind map dan musik klasik.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.2.3636.87-92


Keywords


Mind Map, Musik Klasik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

_______. (2008). Mind Map untuk Anak agar Anak Lulus Ujian dengan Nilai Bagus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

DePorter, Bobbi. Reardon, Mark. & Singer-Nourie, Sarah. 2006. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

________. (2008). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Muliyardi. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: Jurusan Matematika FMIPA UNP.

Suherman,Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika kontemporer. Bandung: FMIPA UPI




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3636.87-92


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: