• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE MIND MAPPING DI KELAS BILINGUAL SMP NEGERI 1 PALEMBANG | Pratiwi | Jurnal Pendidikan Matematika

    KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE MIND MAPPING DI KELAS BILINGUAL SMP NEGERI 1 PALEMBANG

    Weni Dwi Pratiwi, Nyimas Aisyah, Purwoko Purwoko

    Abstract


    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa memecahkan masalah matematika. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami masalah dan menindaklanjuti rencana penyelesaian masalah dengan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa memecahkan masalah matematika dengan metode mind mapping di kelas VII.2 bilingual SMP Negeri 1 Palembang serta mendapatkan gambaran mengenai kualitas mind mapping yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Palembang sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan tes pada subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kualitas mind map pada problem sheet I dan II dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 76,11 sedangkan kemampuan siswa memecahkan masalah matematika dengan metode mind mapping secara keseluruhan dikategorikan baik yaitu sebesar 78,93. Sedangkan kemampuan siswa memecakan masalah dengan metode mind mapping secara keseluruhan adalah sebanyak 35,71% siswa pada kategori sangat baik, 42,86% siswa pada kategori baik, 14,29% siswa pada kategori cukup, sisanya pada kategori kurang. Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan kepada sekolah agar dapat memfasilitasi guru dan siswa untuk dapat melangsungkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika serta selalu terbuka dengan inovasi metode atau teknik baru yang mendorong kemampuan tersebut.

    Keywords


    mind mapping, pemecahan masalah

    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

    Brinkman.(2009). Knowledge-Maps-Tools for Building Structure in Mathematics.

    http://www.scribd.com/doc/knowledge-maps-tools/. Diakses tanggal 26 November 2010.

    Buzan, Tony. (2009). Buku Pintar Mind Map. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

    Nugroho. (2008). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Mind Mapping dengan Problem Solving untuk Kelas VII SMP.Proposal Tesis.

    Polya, George. (1981). Mathematical Discovery. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

    Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika.2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung :JICA.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.7.2.3883.


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: