TIMBANGAN PADA PEMBELAJARAN OPERASI PECAHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan timbangan yang berkembang dari bentuk informal menuju bentuk formal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research yang terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary,designexperimentdan retrospective analysis. Pada penelitian ini, serangkaian pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan dugaan dari proses pembelajaran dan pendekatan PMRI. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Hilaliyah Palembang dengan melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa.penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory ( LT ) yang meliputi tiga aktivitas yaitu aktivitas 1. Menimbang benda dan menentukan pecahan senilai dari pecahan yang diketahui 2. menentukan hubungan yang terjadi antara dua pecahan untuk menentukan apakah dua pecahan merupakan pecahan senilai atau bukan. Aktivitas 3. menyelesaikan permasalahan operasi pecahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjukkan bahwa serangkaian aktivitas yang telah dilakukan membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akker, et al. 2006. Education Design Research. London : Routledge Taylor and Francis Group Ben-Chaitional.Sence Publishers Rottem, Keret, & Ilany, 2012. Ratio Proporrdam Boston/Taipei
Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic mathematics Education. Utrecht : Freudential Institute.
Cramer, Kathleen; dkk. (2008). The Role of Representations in Fraction Addition and Subtraction. Jurnal: Mathematics Teaching In The Middle School, Vol. 13,
Fazio, Lisa dan Siegler, Robert. (2011). Teaching Fraction Educational Practices Series-22. International Bureau Education
Gravemeijer, K., & Cobb, P. 2006. Design Research from a Learning Design Perspective. In J. V. D Akker, K.P.E. Gravemeijer, S. McKenney, N. Nieven (Eds), Educational Design Research (pp. 17-51). London : Routledge
Gravemeijer, K., & Van Eerde, D. 2009. Research as a Means for Building a Knowladge Base for Teaching In Mathematics Education. The Elementary School Journal. 109(5). 510-524 H.
Guershon & J. Confrey ( Eds.), The development of multiplicative rasoning in the learning mathematics (pp.89-120).
Albany, Lamon, S. 1994. Ratio and Proportion : Cognitive Foundetions in Unitizing and norming.
In Lesh, R.,Post, T. & Behr, M. (1988). Proportional reasoning. In A.Kelly & R.Lesh (Eds.), Number concepts and operations in the middle grades (pp. 93 118).
Hillsdale, NJ:Lawrence Erlbaum, Practices Series-22. International Bureau Education Marhamah, 2011. Pengembangan Materi Ajar Pecahan Dengan Pendekatan Pmri Di Sd Negeri 21 Palembang. Makalah disajikan dalam Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Unsri vol.2 No.5 Tahun 2011. National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2013 Teaching Ratio and Proportion the Middle Grades. Ratio and Proportion Research Brief Noer
Hastuti Sri, 2007. Pembelajaran Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemampuan Berfikir Kreatif. Tesis Penelitian Eksperimen pada Siswa Salah penelitian dari Universitas Lampung
Tourniaire,F & Steven P.1985. Proportional Reasoning : A Review of the Literature Educational Studies in Mathematics,16,181-204. Calipornia :Group in Science and mathematics Education,
Lawrence Hall of Ullya, 2010. Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasispendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 23 Indralaya. Makalah ini disajikan dalam Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Unsri Vol.4 No.2 Tahun 2010
Van De Walle, J.A. 2008. Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah: Pengembangan Pengajaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.Science, University of California
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu
Zulkardi. 2006. RME suatu inovasi dalam pendidikan matematika d Indonesia. Makalah disajikan pada Konferensi Matematika Nasional XIII. Bandung ITB.
Zulkardi. 2009. The “P†in PMRI : Progress and Problem. In Proceeding of IICMA 2009 Mathematics Education, pp. 773-780. Yogyakarta : IndoMs
Zulkardi & Ilma, R. 2010. Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tersediaonline : http://eprints.unsri.ac.id/540/1/Prof.Dr.Zulkardi_Dr.Ratuilma_di_JIPP-Balitbang.pdf.
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3893.57-66
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: