PENGEMBANGAN MATERI AJAR PENGHITUNGAN VOLUME MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI SEKOLAH DASAR | Taufik | Jurnal Pendidikan Matematika
PENGEMBANGAN MATERI AJAR PENGHITUNGAN VOLUME MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Nur Isnaini Taufik, Zulkardi Zulkardi, Somakim Somakim
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan materi ajar penghitungan volume yang valid dan praktis yang dikembangkan berdasarkan pendekatan PMRI di kelas V SD, (2) mengetahui efek potensial yang muncul dari pengembangan materi ajar penghitungan volume terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research) tipe formative evaluation, yaitu pengembangan materi ajar penghitungan volume menggunakan pendekatan PMRI. Prosedur penelitian ini dibagi dalam 2 tahapan, yaitu: preliminary dan formative evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dan tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas Va semester 2 di SD Negeri 16 Ogan Komering Ulu yang berjumlah 25 siswa,. Peneliti mengambil kesimpulan: (1) materi ajar penghitungan volume yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif berdasarkan pendekatan PMRI di kelas V SD, (2) pengembangan materi ajar penghitungan volume memiliki efek potensial terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa, di mana nilai rata-rata tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan siswa adalah 87,01, ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa termasuk kategori baik sekali, dan dari hasil observasi siswa, ternyata: (a) sebagian besar siswa menggunakan konteks nyata (real context), (b) sebagian besar siswa menggunakan instrumen vertikal (bagan, model, skema), (c) sebagian besar siswa menggunakan hasil pekerjaan siswa dan konstruksi, (d) sebagian besar siswa melakukan interaktivitas, (e) walaupun hampir separuh bagian materi berkaitan dengan pokok bahasan lain dalam ilmu matematika atau dengan mata pelajaran lain. Oleh karena itu, materi ajar penghitungan volume dengan menggunakan pendekatan PMRI ini dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : PMRI, penelitian pengembangan, materi ajar penghitungan volume.