ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL ALJABAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP SINGKAWANG

Rosmaiyadi Rosmaiyadi

Abstract


Tantangan bagi perguruan tinggi adalah menciptakan lulusan yang berkompeten dibidangnya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Matematika di STKIP Singkawang adalah kemapuan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan benar dan tepat. Kenyataan di lapangan ternyata mahasiswa masih banyak mengalami kesalahan dalam penyelesaian soal Aljabar. Hal ini dikarenakan materi Aljabar merupakan salah bidang Matematika yang danggap sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menidentifikasi kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal Aljabar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan-kesalahan yang dilakukan. Hasil penelitian yang diperoleh kesalahan mahasiswa yang berkaitan dengan konsep aljabar sebesar 17,5%, kesalahan yang berkaitan dengan kesalahan hitung sebesar 25,9%, kesalahan dalam penyimpangan algoritma sebesar 8,76 %, kesalahan penulisan dan penggunaan tanda sebesar 5,13%, kesalahan dengan menjawab sembarang sebesar 1,7%, soal yang tidak selesai dijawab sebesar 21,2% dan soal yang tidak dijawab sama sekali sebesar 10,3%. Faktor intern yang mempengaruhi mahasiswa melakukan kesalahan dalam penyelesaian soal aljabar meliputi faktor jasmaniah dan psikologi, sedangkan faktor ekstern meliputi faktor lingkungan keluarga dan masyarakat.



DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.4083.%25p


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

shopify analytics ecommerce

View JPM Stats


Indexed in: