• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL ALJABAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP SINGKAWANG | Rosmaiyadi | Jurnal Pendidikan Matematika

    ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL ALJABAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP SINGKAWANG

    Rosmaiyadi Rosmaiyadi

    Abstract


    Tantangan bagi perguruan tinggi adalah menciptakan lulusan yang berkompeten dibidangnya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Matematika di STKIP Singkawang adalah kemapuan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan benar dan tepat. Kenyataan di lapangan ternyata mahasiswa masih banyak mengalami kesalahan dalam penyelesaian soal Aljabar. Hal ini dikarenakan materi Aljabar merupakan salah bidang Matematika yang danggap sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menidentifikasi kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal Aljabar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahankesalahan yang dilakukan. Hasil penelitian yang diperoleh kesalahan mahasiswa yang berkaitan dengan konsep aljabar sebesar 17,5%, kesalahan yang berkaitan dengan kesalahan hitung sebesar 25,9%, kesalahan dalam penyimpangan algoritma sebesar 8,76 %, kesalahan penulisan dan penggunaan tanda sebesar 5,13%, kesalahan dengan menjawab sembarang sebesar 1,7%, soal yang tidak selesai dijawab sebesar 21,2% dan soal yang tidak dijawab sama sekali sebesar 10,3%. Faktor intern yang mempengaruhi mahasiswa melakukan kesalahan dalam penyelesaian soal aljabar meliputi faktor jasmaniah dan psikologi, sedangkan faktor ekstern meliputi faktor lingkungan keluarga dan masyarakat.

    Keywords


    Kesalahan, Soal Aljabar

    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, S.(2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

    Ashlock, R.B. (2006). Error patterns in computation 9th ed. Upper Saddle River, NJ: Merrill.

    Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

    Astuti, E.P. (2006). Identifikasi kesalahan menyelesaikan kesalahan kalkulus lanjut mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purworejo.

    Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

    Djaali, H. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

    Hamalik, O. (2006). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

    Harun, R. (2007). Metode penelitian kualitatif untuk pelatihan. Bandung: Mandar Maju.

    Moleong, L.J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 58 Tahun 2014. (2014). Jakarta: Kemendikbud Republik Indonesia.

    Pramudjono. (2007). Aljabar. Samarinda: FKIP Universitas Mulawarman.

    Purwanto, N. (2007). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

    Patton, M. (2006). Metode evaluasi kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Sanjaya, W.W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

    Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

    Slamet, H.W. (2004). Problematika pengajaran kalkulus-1 mahasiswa semester awal. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 16 (1).

    Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas

    Sudiyono, A. (2006). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

    Suhartin, R.I. (1989). Mengatasi kesulitan-kesulitan dalam pendidikan anak. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

    Sugiyono.(2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

    Syah, M. (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatn baru (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.4083.59-70


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: