• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • PENGEMBANGAN SOAL UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMA BENTUK PILIHAN GANDA TIPE OPEN ENDED | Ariadi | Jurnal Pendidikan Matematika

    PENGEMBANGAN SOAL UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMA BENTUK PILIHAN GANDA TIPE OPEN ENDED

    Ariadi Ariadi

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan soal ujian sekolah tingkat SMA bentuk pilihan ganda tipe open-ended yang valid dan praktis. (2) Untuk mengetahui efek potensial soal ujian sekolah tingkat SMA bentuk pilihan ganda tipe open-ended terhadap hasil tes matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 8 Palembang sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan walk trough, analisis dokumen, tes soal open-ended, dan log book. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) Penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal ujian sekolah bentuk pilihan ganda tipe open-ended yang valid dan praktis. Valid terjabar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan content, konstruk, dan bahasa. Selain itu kevalidan soal open-ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada siswa small group. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group terlihat 60,83 % siswa dapat meyelesaikan soal open-ended yang diberikan. (2) prototype soal open-ended yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap hasil tes siswa, hal ini terlihat dengan beberapa munculnya beragam jawaban siswa dan rata-rata hasil tes siswa yang memenuhi standar kelulusan mencapai 95 %.

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.6.1.4089.1-18


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: