• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL APLIKASI PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH(PROBLEM SOLVING) DI KELAS X SMA NEGERI 3 UNGGULAN KAYUAGUNG | AZMI | Jurnal Pendidikan Matematika

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL APLIKASI PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH(PROBLEM SOLVING) DI KELAS X SMA NEGERI 3 UNGGULAN KAYUAGUNG

    AZMI AZMI

    Abstract


    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal aplikasi Persamaan Kuadrat melalui pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem solving). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XSMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dengan  Ketuntasan belajar dengan KKM yang ditetapkan 80%.  Pada setiap akhir siklus dilaksanakan ulangan harian untuk melihat tingkat keberhasilan belajar siswa. Hasil ulangan siswa diperiksa kemudian dianalisis, setelah dianalisis ternyata pada siklus I nilai rata-rata siswa 79,38 dan ketuntasannya 62,50%  sebanyak 20 orang. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 86,84 sebanyak 28 orang (87,50%) dan telah mencapai KKM. Hal ini pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata 8,64 (25%). Berarti model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung. Dari hasil penelitian ini pembelajaran matematika diharapkan guru menggunakan model, pola atau media penunjang terlaksananya proses pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi, sehingga peserta didik dapat termotivasi  untuk meningkatkan hasil belajar. Setiap usaha dan upaya maksimal akan menghasilkan suatu kesuksesan.

    Kata Kunci: persamaan Kuadrat, Pembelajaran Berbasis Masalah





    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.6.2.4094.54-65


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: