PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING MODEL WEB CENTRIC COURSE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Fatkhul Arifin, Tatang Herman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemandirian belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran e-learning model web centric course dengan siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media power point dan untuk mengetahui desain e-learning yang cocok dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI swasta yang ada di Jakarta, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dari keseluruhan populasi yang dipilih. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian, kuesioner, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran e-learning model web centric course lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya menggunakan media power point, 2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh e-learning model web centric course lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya menggunakan media power point, 3) desain e-learning yang cocok dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah suatu desain e-learning yang dilengkapi teks, gambar dan animasi serta menyediakan kemudahan untuk diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning model web centric course berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa sekolah dasar.


Keywords


Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar, Pembelajaran e-learning, Concept Understanding, Self Regulated Learning, E-learning

Full Text:

PDF

References


A. Seda Yucel. (2006). E-Learning Approach In Teacher Training. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE, 7 (4), hlm. 1-8.

Bains, M, et.al. (2011). Effectiveness and Acceptability of Face-to-Face Blended and e-learning: a Randomized Trial of Orthodontic Undergraduates. European Journal of Dental Education, 15 (2), hlm. 110-117

Bawaneh, S.S. (2011). The Effects of Blended Learning Approach On Students Performance: Evidence From A Computerized Accounting Course. Interdisciplinary Journal of Research in Business, 1 (4), hlm. 43–50.

Castle, SR. & McGuire, CJ. (2010). An analysis of student self assessment of online, blended, and face to face learning environments: implication for sustainable education delivery. (Versi elektronik). Journal of International Education Studies, 3 (3), hlm. 36-46.

Ibrahim, Doni Septumarsa dan Siti Partini Suardiman. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2 (1), hlm 67-79.

Izzati, N dan Suryadi, D. (2010). Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. UNY. Yogyakarta

Jayadinata, Asep Kurnia. (2013). Efektifitas E-Learning Melalui Penggunaan Media Edmodo pada Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, hlm. 14-24.

Jeffrey, Lynn M, et.al. (2014). Blended Learning: How Teachers Balance the Blend of Online and Classroom Components. Journal of Information Technology Education: Research, 13 (2), hlm. 121-140.

Albano, Giovannina. (2012). A Knowledge Skill Competencies e-learning Model in Mathematics. Universities and Knowledge Society Journal (RUSC), 9 (1), hlm. 306-319.

Jusoff, K. & Khodabandelou, R. (2009). Preliminery Study on the Role of Social Presence in Blended Learning Environment in Higher Education. Journal of International Education Studies, 2 (4), hlm. 82-92.

Kilpatrick, J., Swafford, J., and Findell, B. (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Wasington DC: National Academy Press

Marzani. (2011). Penerapan E-Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Cahaya di SMP. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Mubaraq, L. (2009). Model Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Generic Sains Siswa. (Tesis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standard for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Ngadiyo. (2007). Pembelajaran E-learning dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Makalah E-learning/Pelatihan JARDIKNAS 2007.

Noesgaard, Signe Schack and Rikke. (2015). The Effectiveness of E-Learning: An Explorative and Integrative Review of the Definitions, Methodologies and Factors that Promote e-Learning Effectiveness. The Electronic Journal of e-Learning, 13 (4), hlm. 278-290.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: CV Alfabeta.

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Umoh, Joseph B and Ekemini T. Akpan. (2014). Challenges of Blended E-Learning Tools in Mathematics: Students’ Perspectives University of Uyo Canadian Center of Science and Education. Journal of Education and Learning, 3, (4), hlm. 60-70.

Usman, Mulbar. (2003). Buletin Pendidikan Matematika, Ambon: FKIP Universitas Pattimura, 8 (1).

Zulkardi. (2003). Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4152.1-12


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View JPM Stats


Indexed in: