KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP LEVEL 4, 5, DAN 6 DI SMP N 1 INDRALAYA

Maria Mareta Simalango, Darmawijoyo Darmawijoyo, Nyimas Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA pada konten Change and Relationship level 4, 5, dan 6 di Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten Change and Relationship level 4, 5, dan 6. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang siswa kelas IX SMP Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meyelesaikan soal PISA pada konten Change and Relationship level 4, 5, dan 6 siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal, mengubah permasalahan nyata ke dalam bentuk matematika, memecahkan permasalahan matematika dan menginterpretasikan solusi matematika dalamistilah situasi nyata. Hasil menunjukkan kesulitan dalam memahami soal dan mengubah permasalahan nyata ke dalam bentuk matematika lebih dominan dibandingkan kesulitan lainnya.

Keywords


Kesulitan Siswa, PISA, Soal PISA Pada Konten Change and Relationship Level 4, 5, dan 6

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. (2003). Efektivitas pembelajaran problem based instruction (PBI) pada mata pelajaran matematika SLTP melalui pola kolaboratif. Jurnal pada Forum Kependidikan, 23 (1).

Anggoro, T., dkk. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anisah, Zulkardi & Darmawijoyo. (2011). Pengembangan soal matematika model PISA pada konten quantity untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1).

Cooper, B., & Dunne, M. (2000). Assessing Children’s Mathematical Knowledge: Social Class, Sex And Problem-Solving. Buckingham: Open University Press.

De Lange, J. (2003). Mathematics for literacy. Dalam B. L. Madison & L. A. Steen (Eds.), Quantitative Literacy: Why numeracy matters for schools and colleges. (hal.75–89). Princeton, NJ: National Council on Education and Disciplines.

Depdiknas. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SD/MI dan SMP/MTs (Permendiknas No. 22 Tahun 2006). Jakarta: Depdiknas.

Edo, S. I.,Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2013). Investigating secondary school students’ difficulties in modeling problems PISA model level 5 and 6. Journal on Mathematics Education, 4 (1), 41-58.

Kemendikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. (Online), (http://www.um.ac.id/data/download/file70EDCF85B75C26D549DBB671 CD8D98C4.pdf), diakses 20 Agustus 2016.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

NCTM. (2000). Principles and standard for school mathematics. Reston: Author.

Novita, R., Zulkardi, & Hartono, Y. (2012). Exploring primary student’s problem-solving ability by doing tasks like PISA’s question. Journal on Mathematics Education, 3 (2): 133-150.

OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. (Online), (www.oecd.org), diakses 10 Desember 2016.

OECD. (2016). PISA Test. (Online), (www.oecd.org/pisa/test), diakses 13 April 2017.

OECD. (2013). PISA 2012 Result in Focus. (Online), (https://www.oecd.org/pisa/keyfinding/pisa-2012-result-overview.pdf), diakses 25 April 2016.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy. (Online), (www.oecd.org), diakses pada 25 April 2016.

Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 2 (2), 95-126.

Wijaya, A., Heuvel-Panhuizen, M.V.D, Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in Solving Context-based PISA Mathematics Task: An Analysis of Student’s Errors. The Mathematics Enthusiast, 11 (3), 555-584.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.4246.%25p


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View JPM Stats


Indexed in: