DESAIN PEMBELAJARAN LUAS MENGGUNAKAN KAIN MOTIF KOTAK-KOTAK DI KELAS III

Tri Muhti Haryani, Ratu Ilma Indra Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penggunaan kain motif kotak-kotak yang dapat membantu siswa memahami konsep pada pembelajaran luas di kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research type validation studies yang melibatkan siswa kelas III SD Negeri 32 Palembang. Aktivitas dilakukan mulai dari kegiatan penggunaan kain motif kotak-kotak dalam memahami unit pengukuran dan ukuran unit sehingga penggunaan kain motif kotak-kotak memiliki peranan penting dalam membantu siswa memahami konsep pembelajaran luas di kelas III, selanjutnya bentuk unit dalam memahami unit yang tepat untuk memahami dan menemukan rumus luas untuk menuju tahap formal yaitu melalui penggunaan kertas berpetak dalam membantu mengestimasi luas bentuk bangun datar tidak beraturan. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang berbasis pengalaman telah membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep luas.

Keywords


luas, kain motif kotak-kotak, design research type validation studies



DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.7.1.4647.


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: