• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • mariatogel
  • g200m
  • 55kbet
  • a200m
  • garudaslot
  • KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GENERATIVE LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALEMBANG | Maharani | Jurnal Pendidikan Matematika

    KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GENERATIVE LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALEMBANG

    Levana Maharani, Yusuf Hartono, Cecil Hiltrimartin

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model generative learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 6 Palembang dengan jumlah siswa 27 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil kemampuan pemahaman konsep setelah mengerjakan soal tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa. Soal tes diberikan setelah proses pembelajaran dan mengacu pada indikator pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model generative learning tergolong baik.


    Keywords


    Model generative learning dan kemampuan pemahaman konsep

    Full Text:

    PDF

    References


    Darma, I.W. (2014). Studi Komparatif Model Pembelajaran Inkuiri Bebas dan Generatif Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa, (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1056), diakses 18 November 2015

    Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Dediknas

    Fahinu. (2007). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Matematika pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Generatif. Disertasi Program Doktor Kependidikan dalam Pendidikan Matematika Pps UPI (Tidak dipublikasikan)

    Widodo, F. (2014). Pemahaman Konsep Matematis, (Online), (digilib.unila.ac.id/1810/8/BAB%20%20II.pdf) diakses 15 April 2015.

    Grabowski, B.L. (2002). Generative Learning Contributions To the Design Of Instruction and Learning, (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CCAQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.aect.org%2Fedtech%2F28.pdf&ei=wc5rVea1KM-ruQTW3ICIBg&usg=AFQjCNFx-L-RXxv3aZQ81qLTjAyNW6_WUA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

    Killpatrick, Jeremy, Jane Swafford, & Bradford Findell. (2001). ADDING IT UP: HELPING CHILDREN LEARN MATHEMATICS. Washington, DC: National Academy Press.

    Lee, H.W., Kyun Yon Lim, dan Barbara L. Grabowski. (2008). Generative Learning: Principles and Implications for Making Meaning, (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CCAQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.aect.org%2Fedtech%2Fedition3%2FER5849x_C010.fm.pdf&ei=INdrVb-FGc6JuASXzILgBQ&usg=AFQjCNFT4ekE82M_95IjGen0EAW8wYPSFQ) diakses 24 april 2015.

    Lusiana. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang, (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Feprints.unsri.ac.id%2F821%2F1%2F3_Lusiana_29-47.pdf&ei=ttJrVeyVMo2jugSBq4KQDw&usg=AFQjCNE1Qq-BFYVLynHEgov_mjZodONSzA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

    Minarti, E.D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Unuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. (Online), ((https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CB8QFjAA&url=http%3A%2F%2Frepository.upi.edu%2F8638%2F&ei=xdFrVfuCO5SkuQSUtoDQCg&usg=AFQjCNEETcKk71_bprh31UOfwDGMqClWSA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

    Moma, La. (2013). Menumbuhkan Soft Skills Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Generatif. (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.academia.edu%2F8720129%2FP_49_MENUMBUHKAN_SOFT_SKILLS_SISWA_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_MELALUI_PEMBELAJARAN_GENERATIF&ei=EM5rVZSvLoOPuATQjoDQBw&usg=AFQjCNHzDcIzH0OSGl7_oT5oejBZLqqIqA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

    Nuraeni, N. (2012). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. (Online), (http://cs.upi.edu/uploads/paper_skripsi_dik/EFEKTIVITAS%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20GENERATIF%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20PEMAHAMAN%20SISWA%20DALAM%20MATA%20PELAJARAN%20TEKNOLOGI%20INFORMASI%20DAN%20KOMUNIKASI(Neneng%20Nuraeni).pdf) diakses tanggal 11 januari 2016

    Ramadhani, Citra Wimelia. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii SMPN 4 Payakumbuh Materi Bangun Ruang. diakses 18 November 2015

    Skemp, Richard. R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding 1. (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBoQFjAAahUKEwiancXp0JjJAhWJGY4KHfXzBJw&url=http%3A%2F%2Facademic.sun.ac.za%2Fmathed%2F174%2FSkemp.pdf&usg=AFQjCNEmR4WyNe02-dKWgaCsX9t2sbA5LA&sig2=Nuweia4BkHdZHsO3D2j4bw&bvm=bv.107763241,d.c2E) diakses 17 November 2015

    Syafriana, N.A., Rahmi, Merina P. (2013). Penerapan Strategi Generative Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Smp Negeri 10 Padang Tahun Pelajaran 2012-2013.(Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CB4QFjAA&url=http%3A%2F%2Fejournal-s1.stkip-pgri-sumbar.ac.id%2Findex.php%2Fmatematika%2Farticle%2Fview%2F415%2F406&ei=vNNrVYqVGdGUuQSM6YHwCg&usg=AFQjCNEA0J3JagwalagsftK9JKLY1v18KA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

    Waluya, B. (2009). Penggunaan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada KOnsep Geografi. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197210242001121-BAGJA_WALUYA/Jurnal/Jurnal_Bagja_4.pdf) diakses 11 Januari 2016

    Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

    Yozana, Misi. (2012). Menggunakan Mind Web unuk Meningkatkan Kemmpuan Pemahaman Konsep Siswa.(Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Fejournal.unp.ac.id%2Fstudents%2Findex.php%2Fpmat%2Farticle%2Fdownload%2F1169%2F861&ei=vNRrVYSgIdKwuATm0ICQBQ&usg=AFQjCNHa6CadmUdAIkNGUeif8kmduR8xBA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

    Zulkarnain, R.Y. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. (Onlie), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0CCYQFjAC&url=http%3A%2F%2Frepository.unib.ac.id%2F7159%2F1%2FB12b_SALEH%2520HAJI_SEMNAS%2520BERPROSIDING_STKIP%2520SIL_2013.pdf&ei=KtBrVbnaIc2wuATXyoLgCA&usg=AFQjCNHxFuEy888j4n1T1Nn7hL0ni0lLoA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.7.2.4650.1-16


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: