KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GENERATIVE LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALEMBANG

Levana Maharani, Yusuf Hartono, Cecil Hiltrimartin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model generative learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 6 Palembang dengan jumlah siswa 27 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil kemampuan pemahaman konsep setelah mengerjakan soal tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa. Soal tes diberikan setelah proses pembelajaran dan mengacu pada indikator pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model generative learning tergolong baik.


Keywords


Model generative learning dan kemampuan pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Darma, I.W. (2014). Studi Komparatif Model Pembelajaran Inkuiri Bebas dan Generatif Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa, (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1056), diakses 18 November 2015

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Dediknas

Fahinu. (2007). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Matematika pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Generatif. Disertasi Program Doktor Kependidikan dalam Pendidikan Matematika Pps UPI (Tidak dipublikasikan)

Widodo, F. (2014). Pemahaman Konsep Matematis, (Online), (digilib.unila.ac.id/1810/8/BAB%20%20II.pdf) diakses 15 April 2015.

Grabowski, B.L. (2002). Generative Learning Contributions To the Design Of Instruction and Learning, (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CCAQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.aect.org%2Fedtech%2F28.pdf&ei=wc5rVea1KM-ruQTW3ICIBg&usg=AFQjCNFx-L-RXxv3aZQ81qLTjAyNW6_WUA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

Killpatrick, Jeremy, Jane Swafford, & Bradford Findell. (2001). ADDING IT UP: HELPING CHILDREN LEARN MATHEMATICS. Washington, DC: National Academy Press.

Lee, H.W., Kyun Yon Lim, dan Barbara L. Grabowski. (2008). Generative Learning: Principles and Implications for Making Meaning, (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CCAQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.aect.org%2Fedtech%2Fedition3%2FER5849x_C010.fm.pdf&ei=INdrVb-FGc6JuASXzILgBQ&usg=AFQjCNFT4ekE82M_95IjGen0EAW8wYPSFQ) diakses 24 april 2015.

Lusiana. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang, (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Feprints.unsri.ac.id%2F821%2F1%2F3_Lusiana_29-47.pdf&ei=ttJrVeyVMo2jugSBq4KQDw&usg=AFQjCNE1Qq-BFYVLynHEgov_mjZodONSzA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

Minarti, E.D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Unuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. (Online), ((https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CB8QFjAA&url=http%3A%2F%2Frepository.upi.edu%2F8638%2F&ei=xdFrVfuCO5SkuQSUtoDQCg&usg=AFQjCNEETcKk71_bprh31UOfwDGMqClWSA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

Moma, La. (2013). Menumbuhkan Soft Skills Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Generatif. (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.academia.edu%2F8720129%2FP_49_MENUMBUHKAN_SOFT_SKILLS_SISWA_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_MELALUI_PEMBELAJARAN_GENERATIF&ei=EM5rVZSvLoOPuATQjoDQBw&usg=AFQjCNHzDcIzH0OSGl7_oT5oejBZLqqIqA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

Nuraeni, N. (2012). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. (Online), (http://cs.upi.edu/uploads/paper_skripsi_dik/EFEKTIVITAS%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20GENERATIF%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20PEMAHAMAN%20SISWA%20DALAM%20MATA%20PELAJARAN%20TEKNOLOGI%20INFORMASI%20DAN%20KOMUNIKASI(Neneng%20Nuraeni).pdf) diakses tanggal 11 januari 2016

Ramadhani, Citra Wimelia. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii SMPN 4 Payakumbuh Materi Bangun Ruang. diakses 18 November 2015

Skemp, Richard. R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding 1. (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBoQFjAAahUKEwiancXp0JjJAhWJGY4KHfXzBJw&url=http%3A%2F%2Facademic.sun.ac.za%2Fmathed%2F174%2FSkemp.pdf&usg=AFQjCNEmR4WyNe02-dKWgaCsX9t2sbA5LA&sig2=Nuweia4BkHdZHsO3D2j4bw&bvm=bv.107763241,d.c2E) diakses 17 November 2015

Syafriana, N.A., Rahmi, Merina P. (2013). Penerapan Strategi Generative Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Smp Negeri 10 Padang Tahun Pelajaran 2012-2013.(Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CB4QFjAA&url=http%3A%2F%2Fejournal-s1.stkip-pgri-sumbar.ac.id%2Findex.php%2Fmatematika%2Farticle%2Fview%2F415%2F406&ei=vNNrVYqVGdGUuQSM6YHwCg&usg=AFQjCNEA0J3JagwalagsftK9JKLY1v18KA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

Waluya, B. (2009). Penggunaan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada KOnsep Geografi. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197210242001121-BAGJA_WALUYA/Jurnal/Jurnal_Bagja_4.pdf) diakses 11 Januari 2016

Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yozana, Misi. (2012). Menggunakan Mind Web unuk Meningkatkan Kemmpuan Pemahaman Konsep Siswa.(Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Fejournal.unp.ac.id%2Fstudents%2Findex.php%2Fpmat%2Farticle%2Fdownload%2F1169%2F861&ei=vNRrVYSgIdKwuATm0ICQBQ&usg=AFQjCNHa6CadmUdAIkNGUeif8kmduR8xBA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.

Zulkarnain, R.Y. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. (Onlie), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0CCYQFjAC&url=http%3A%2F%2Frepository.unib.ac.id%2F7159%2F1%2FB12b_SALEH%2520HAJI_SEMNAS%2520BERPROSIDING_STKIP%2520SIL_2013.pdf&ei=KtBrVbnaIc2wuATXyoLgCA&usg=AFQjCNHxFuEy888j4n1T1Nn7hL0ni0lLoA&bvm=bv.94455598,d.c2E) diakses 15 April 2015.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.7.2.4650.1-16


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in:


https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

https://maxplay99.cohttps://dewata138.co/https://kepri168.orghttps://ibcslot.co/https://boss69.nethttps://nugget18.comhttps://bos77slot.cohttps://queen4dwin.comhttps://asiasuperbetgacor.comhttps://indobet8slot.comhttps://mghslotgacor.comhttps://cery88gacor.comhttps://hokigaming777slot.com
slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor mulia77 slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot777 slot gacor maxwin slot88 slot777 slot nexus rtp slot slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot terpercaya slot nexus slot88 link slot gacor slot gacor maxwin slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor