PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MELATIH KECAKAPAN AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP

Muslimin Muslimin, Indaryanti Indaryanti, Ely Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kecakapan akademik siswa dalam pembelajaran matematika model kooperatif tipe reciprocal teaching. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Indralaya yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Berdasarkan analisis data observasi menunjukan skor rata-rata kemampuan kecakapan akademik siswa adalah 85,26 dan tergolong dalam kategori tinggi. Adapun skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,01 dan tergolong dalam kategori tinggi. Sehubungan dengan kesimpulan tersebut, hendaknya para guru matematika dapat menerapkan model reciprocal teaching dalam rangka melatih kecakapan akademik siswa.

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.11.1.4682.1-14


Keywords


Model Reciprocal Teaching, Kemampuan Akademik Siswa

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

. 2003. konsep pendidikan kecakapan hidup. Jakarta: Depdiknas.

. 2005. Indikator Keberhasilan Program Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Depdiknas.

. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Indriati, 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD dengan Soal-Soal Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 6 Palembang.. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 5 No. 2: 157-170.

Nurhasana, Farida. 2009. “Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematikaâ€.

http:// agungprudent. wordpress. Com / 2009 / 06 / 05 / model – pembelajaran - reciprocal teaching/. Di akses 10 agustus 2009.

Khomsatun, Siti. 2008. “Kecakapan Akademik Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas XI 1A. 1 SMA Negeri 1 Tanjung Rajaâ€. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Maimunah. 2004. “Pembelajaran Matematika Subpokok Bahasan Volume dan Luas Sisi Limas Tegak Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) Pada Kelas III SMP N 6 Palembangâ€. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Meryansumayeka. 2008. “Pengembangan Materi Pelajaran Dengan Menggunakan Media Vidio Pada Pokok bahasan Luas Dan Volume Bola Di Kelas IX SMP Negeri 1 Indralayaâ€. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Ningsih, Sulistyo. 2006. “Kecakapan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajarana Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas X SMA Srijaya Negara Palembangâ€. Skripsi. Inderalaya: FKIP Unsri.

Palincsar. 1986. “Reciprocal Teachingâ€.

www. mbs - sd. org / buletin _ fasilitator / Ed _ 3_ Reciprocal Teaching. pdf. Diakses 27 juli 2009.

Reninta, Rima. 2006. “Uji Coba Pendekatan Kontruktivisme Pada Topik Volume dan Luas Sisi Prisma Tegak di SMP Negeri 14 Palembangâ€. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Suryani, Ema. 2009. “Pembelajaran Matematika dengan model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 17 Palembangâ€. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tamba, Henny. 2007. “Kecakapan Bekerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas VII SMP Xaverius 1 Palembangâ€. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Triyana, Erva. 2005. “Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batangâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Universitas Sriwijaya. 2006. Buku Pedoman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya 2006/2007. Inderalaya: Percetakan dan penerbitan Universitas Sriwijaya.

Yulianti, 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Peluang Berbasis Reciprocal Teaching Untuk Melatih Kemampuan BerfikirnKritis Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Lubuk Linggau. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4 No. 2: 97-114.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.4682.1-14


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: