PERAN DESAIN LEARNING TRAJECTORY NILAI TEMPAT BILANGAN BERBANTUKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP NILAI TEMPAT SISWA KELAS II SD

Rita Novita, Mulia Putra

Abstract


Pemahaman konsep nilai tempat sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada konsep matematika lainnya. Namun, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa, pemahaman konsep nilai tempat siswa masih bermasalah, diantara penyebabnya adalah pegalaman belajar nilai tempat siswa di kelas kurang bermakna dimana pembelajaran langsung dihadapkan pada penguasaan sejumlah algoritma. Padahal, seharusnya pembelajaran nilai tempat perlu menekankan pada pengalaman nyata siswa dengan sejumlah aktivitas konkrit dalam menemukan kembali konsep-konsep penting dalam nilai tempat.  Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran learning trajectory (lintasan belajar) nilai tempat bilangan yang telah dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik berbantukan video animasi terhadap pemahaman konsep nilai tempat bilangan siswa kelas II SD. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian design research model Akker, dimana penelitian memuat tiga tahapan yaitu Preparing for the experiment, Experiment in the classroom, dan Retrospective analysis.  Pembahasan ini hanya difokuskan pada tahap Retrospective analysis untuk menjelaskan peran learning trajectory yang dikembangkan terhadap pemahaman konsep nilai tempat. Penelitian ini melibatkan 15 orang siswa kelas II SDN 19 Banda Aceh. Hasil teaching experiment menunjukkan bahwa learning trajectory yang disusun memberi kesempatan siswa untuk menemukan kembali (reinvent) dan memahami konsep nilai tempat.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.11.1.4683.43-56

 


Keywords


Learning Trajectory, Nilai Tempat, Video Animasi.

Full Text:

PDF

References


Andreasen, Janet.B. (2006). Classroom Mathematical Practices In A Preservice Elementary Mathematics Education Course Using An Instructional Sequence Related To Place Value And Operations. Published Disertasi. Department of Teaching and Learning Principles. University of Central Florida, Florida.

Akker, J.V.d., Gravemeijer, K., McKenney, S., and Nieveen, N. (2006). EducationDesign Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.

Aksoy, G. (2012). The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course. Jurnal of Scientific Research. Vol.3, pp: 304-308, (Online), (http://www.SciRP.org/jornal/cc), diakses 30 Maret 2015.

Aljupri. (2008). Design Research on Computational Estimation for Grade Five Primary School Students in Indonesia. Prosiding KNM XIV Palembang. Palembang: Sriwijaya University.

Ashlock, R. B. 1994. Error Patterns in Computation. (6th ed). Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. China Lecture. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Garlikov. 2004. The Concep and Teaching of Place Value, (Online), (http://www.garlikov.com/PlaceValue.html), diakses 26 Maret 2015.

Maria, G. 2011. Artacts and utilization schemes in mathematics teacher education: place value in early childhood education. J Math Teacher Educ (2011), DOI 10.007.

Maria, V & Becker. 1997. Children’s Developing Understanding of Place Value: SemioticAspets. Cognition and Instruction, 15(2), 265-286. Lawrence Erlbaum Associates.

Meryasumayeka & Budi, M. 2016. Pengembangan Materi Pelajaran Berbasis TIK untuk Mata Kuliah Program Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.10, No 2. pp: 1-9, (Online), (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/3627/1904).

Negoro, S.T. & Harahap, B. 1983. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Novita, R. & Putra, M. 2012. Pemahaman Konsep Nilai Tempat dalam Mendukung Siswa Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Tiga Angka. Prosiding seminar nasional I, pp 183-192. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala

Payne, J. N. & Huinker, D. M. 1993. Early Number and Numeration; dalam Jensen, R.J. (Ed.), Reasearch Ideas for the Classroom: Early Childhood Mathematics. (hlm. 43—70). New York: National Council of Teachers of Mathematics Research Interpretation Project/Macmillan Publishing Company.

Prahmana, R.C.I. (2010). Permainan “Tepuk Bergilir†yang Berorientasi Konstruktivisme dalam Pembelajaran Konsep KPK Siswa Kelas IV A di SD N 21 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 No. 2, pp. 61-69. Palembang: Universitas Sriwijaya

Reys, R. E., Suydam, M. N., Lindquist, M. M., & Smith, N. L. 1984. Helping Children Learn Mathematics. (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Seputra, T. MHT & Amin, S. M. 1994. Matematika 1b: Mari Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 1 Cawu 2. Jakarta: Depdikbud-Balai Pustaka.

Thomson. 2000. Teaching Place Value in UK: Time for Reapracial?. Educational Review. Vol 52, No 3, 2000. Department of Education, UK.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: Universityof Twente.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.4683.43-56


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: