PENGARUH METODE KUIS INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATA KULIAH TRIGONOMETRI

Dian Purnama Sari, Rizki Wahyu Yunian Putra, Muhamad Syazali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kuis interaktif, mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh peneliti pada mahasiswa semester III Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung. Jenis penelitian kuantitatif ini adalah jenis Kuasi Eksperimen. Uji hipotesis menggunakan Uji T 2 sampel tidak berkolerasi. Hasil penelitian  didapat kesimpulan bahwa  rata rata kemampuan pemecahan masalah matematis metode kuis interaktif lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap data penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang berbeda pada kemampuan pemecahan masalah matematis antara mahasiswa yang kelasnya menerapkan metode kuis interaktif, mahasiswa yang dikelasnya menerapkan model pembelajaran konvensional pada pokok pembahasan trigonometri

Keywords


Kuis Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Ah, N. I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisis Real Berbasis Pembuktian pada Semester V UNMUH JEMBER. Jurnal Gammath, I Nomor 2, 26–32.

Arifin, S., Zulkardi, Putri, R. I. I., Hartono, Y., & Susanti, E. (2018). Developing Ill-Defined Problem-Solving for the Context of “South Sumatera.” Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012038

Beevers, C. E., & Paterson, J. S. (2015). Automatic Assessment of Problem-Solving Skills in Mathematics. The Institute for Learning and Teaching in Higher Education and SAGE Publications, 4, 127–144.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1–10.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 53–57.

Melisa. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing yang Valid pada Perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak I. Lemma, I(2), 21–27.

Nguyen, K., & Mcdaniel, M. A. (2015). Using Quizzing to Assist Student Learning in the Classroom: The Good, the Bad, and the Ugly. Teaching of Psychology, 42(1), 87–92. https://doi.org/10.1177/0098628314562685

Putra, R. W. Y., & Sari, L. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif, 7(2), 211–220.

Riskawati. (2017). Pengaruh Pemberian Kuis pada Proses Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMKN 4 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5, 90–98.

Rosyadi, A. A. P. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Penemuan Terbimbing pada Matakuliah Kalkulus. Jurnal Pendidkan Matematika, 2, 11–15.

Sari, E. F. P., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2018). Mathematical Problem Solving Ability of Sport Students In the Statistical Study. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 5–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012037

Sulistyowati, N., Tri Widodo, A., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry in Education, 2(1), 49–55.

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, 6(1), 91–98.

Untari, E. (2015). Efektivitas Metode Kuis Interaktif dan Explicit Intruction pada Prestasi Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Ngawi.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5322.63-72


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: