KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA HISTOGRAM MELALUI PEMBELAJARAN PMRI

Sholihatun Nisa, Zulkardi Zulkardi, Ely Susanti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran statistis siswa pada materi penyajian data histogram melalui pembelajaran PMRI di SMA Negeri 11 Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 dengan jumlah siswa 40 orang. Proses pembelajaran yang berlangsung disesuaikan dengan prinsip dan karakteristik dari PMRI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari 4 soal uraian dan wawancara sebagai penguat data dari hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran statistis siswa pada materi penyajian data histogram melalui pembelajaran PMRI terkategori baik dengan rincian 8 siswa terkategori sangat baik; 11 siswa terkategori baik; 9 siswa terkategori cukup, 7 siswa terkategori kurang, dan tidak ada siswa dengan kemampuan penalaran statistis sangat kurang. Indikator penalaran statistis yang memiliki kemunculan tertinggi yaitu organizing dan reducing data sebesar 84,69%. Sedangkan, indikator penalaran statistis yang memiliki kemunculan terendah yaitu representing data sebesar 29,52%.

Keywords


Kemampuan Penalaran Statistis, Pendidikan Matematika Realisitik Indonesia (PMRI)

Full Text:

PDF

References


Anggraini. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2014/ 2015. Repository USD Yogyakarta, 104-105.

Azizah, N. (2015). Penerapan Pendekatan PMRI dalam pembelajaran volume prisma dan limas di kelas VIIIB SMP Negeri 26 Surabaya. E Journal UNESA, 1(4), 1-9.

Chan, S.W, & Zaleh, I. (2014). Developing statistical reasoning assessment instrument for high school students in descriptive statistics. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 4338-4343.

Dasari, D. (2006). Kemampuan literasi statistis dan implikasinya dalam Pembelajaran.Direktori File UPI, 1-9.

Delmas, R. (2002). Statistical Literacy, Reasoning, and Learning: A Commentary, (Online), http://ww2.amstat.org/publications/jse/v10n3/delmas_discussion.html. Di akses pada 27 September 2017.

Delmas. R, Garfield. J. & Ooms. A. (2005). Using Assessment Items to Study Students’ Difficulty Reading And Interpreting Graphical Representations Of Distributions. Proceedings of the Fourth International Research Forum on Statistical Reasoning, Literacy, and Reasoning (on CD). Auckland, New Zealand: University of Auckland.

Depdiknas. (2016). Peraturan menteri No 22 tahun 2016 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Garfield. (2002). The Challenge of Developing Statistical Reasoning. (Online), (http://ww2.amstat.org/publications/jse/v10n3/garfield.html), Di akses pada 20 Maret 2017.

Garfield, J., and Chance, B. (2000). Assessment in Statistics Education: Issues and Challenges. Mathematics Thinking and Learning, 2 (1 dan 2), 99-125.

Inayah, N. (2016). Pengaruh kemampuan penalaran matematis dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi pada materi statistika siswa SMA. Journal of EST. 2 (2), 74-80.

Laurens. T., Batlolona. F.A., Batlolona. J.R., & Leasa. M. (2017). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement?. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578.

Lee. C., Meletiou. M. (2003). Some difficulties of learning histogram in instroductory statistics. Section on Statistical Education, 2326-2333.

Maryati. (2017). Peningkatan kemampuan penalaran statistis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Mosharafa, 6(1), 129-14.

Nani, K. L. (2015). Kemampuan Penalaran Statistis, Komunikasi Statistis Dan Academic Help-Seeking Mahasiswa Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan ICT. Repository UPI Central Library, 1-70.

NCTM. (2000). Principles and standarts for school mathematic. Reston: NCTM.

Rosidah. (2016). Penalaran Statistis Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Statistika di Tinjau Dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional. 2(1), 57-65.

Sa’adah, W. (2010). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Banguntapan dalam Pembelajaran Metematika melalui Pendekatan PMRI. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tias & Wustqo. (2015). Analisis kesulitan siswa SMA dalam pemecahan masalah matematika kelas XII IPA Di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 28-39.

Ulpah, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Dan Self-Efficacy Siswa Madrasah Aliyah Melalui Pembelajaran Kontekstual. Repository UPI Central Library.193-197.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yusuf, Y. (2017). Konstruksi penalaran statistis pada statistika penelitian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7 (1), 60-69.

Zuhri, M.S., & Atmojo, K., dkk. (2013). Karakteristik penalaran siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas tentang sampel. Jurnal Pembelajaran Matematika. 1(1), 24-33.

Zulkardi & Putri, R.I.I. (2010). Pengembangan blog support untuk membantu siswa dan guru matematika Indonesia belajar pendidikan matematika realistik Indonesia. Jurnal Penelitian Inovasi dan Perekayasaan Pendidikan. 2(1), 1-24.

Zulkardi (2002). Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Doctoral Disertasion. Enschede: University Of Twente.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.5460.21-40


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: