PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA KOMPUTER PROGRAM CYBERLINK POWER DIRECTOR DAN TANPA MEDIA KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2009/2010

Waminton Rajagukguk

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan minat belajar siswa dengan media komputer program cyberlink power director dan tanpa media komputer pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak tahun ajaran 2009/2010. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling yang artinya setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel penelitian, diperoleh kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII3  sebagai kelas kontrol masing - masing yang berjumlah 30  siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata – rata pretes  1,989 dan postes 2,879. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata – rata pretes 1,985  dan postes 2,392. Dimana data kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan  α = 0,05. Untuk pretes siswa diperoleh t = 0,05  sedangkan t1-1/2α = 2,018, terlihat bahwa -t1-1/2α <t < t1-1/2α sehingga Ho diterima yaitu tidak ada perbedan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada postes hasil belajar siswa diperoleh t = 5,57 sedangkan t1-1/2α = 2,018 dengan t > t1-1/2α sehingga Ha diterima yaitu ada perbedan minat belajar siswa dengan  menggunakan media komputer program Cyberlink Power Director dan tanpa menggunakan media komputer  pada pokok bahasan kubus dan balok  di kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak tahun ajaran 2009/2010. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar kelas eksperimen yang menggunakan media komputer program Cyberlink Power Director lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tanpa menggunakan media komputer  dengan presentase peningkatan sebesar 20,36 %.

 

Kata Kunci : Minat Belajar, Media Komputer program cyberlink power director


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.599.


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: