• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • DESIGN RESEARCH: KONSEP NILAI TEMPAT PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN DESIMAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR | Afriyansyah | Jurnal Pendidikan Matematika

    DESIGN RESEARCH: KONSEP NILAI TEMPAT PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN DESIMAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR

    Ekasatya Aldila Afriyansyah, Ratu Ilma Indra Putri

    Abstract


    Berbagai macam studi terbaru menemukan bahwa siswa cenderung mengalami kesulitan dalam mempelajari sifat operasi bilangan desimal, terutama pada sifat penjumlahan. Untuk mengatasi semua kesulitan itu, penelitian ini menyajikan serangkaian kegiatan pembelajaran membangun pemahaman siswa pada sifat operasi penjumlahan bilangan desimal melalui penerapan konsep nilai tempat bilangan desimal. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) mendasari desain dari seluruh konteks dan kegiatan. Design research dipilih sebagai sarana yang tepat untuk mencapai tujuan; dilakukan dalam tiga tahap, desain pendahuluan, percobaan mengajar (siklus pertama dan kedua), dan analisis retrospektif. Penelitian ini melibatkan 6 siswa pada siklus pertama dan 34 siswa pada siklus kedua. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa serangkaian kegiatan pembelajaran ini dapat membawa siswa dari situasi kontekstual menuju situasi yang lebih formal. Siswa tidak lagi berpikir sistem bilangan bulat ketika mengerjakan soal bilangan desimal. Mereka dapat mengerjakan berbagai soal kontekstual dengan disertai alasan. Lintasan pembelajaran pada penelitian ini berjalan dengan baik sehingga pantas untuk digunakan pada pembelajaran di sekolah.

    Kata kunci:  nilai tempat, penjumlahan bilangan desimal, design research, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

    DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.8.1.1857.13-24


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1857.13-24


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: