DESIGN RESEARCH: KONSEP NILAI TEMPAT PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN DESIMAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Ekasatya Aldila Afriyansyah, Ratu Ilma Indra Putri

Abstract


Berbagai macam studi terbaru menemukan bahwa siswa cenderung mengalami kesulitan dalam mempelajari sifat operasi bilangan desimal, terutama pada sifat penjumlahan. Untuk mengatasi semua kesulitan itu, penelitian ini menyajikan serangkaian kegiatan pembelajaran membangun pemahaman siswa pada sifat operasi penjumlahan bilangan desimal melalui penerapan konsep nilai tempat bilangan desimal. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) mendasari desain dari seluruh konteks dan kegiatan. Design research dipilih sebagai sarana yang tepat untuk mencapai tujuan; dilakukan dalam tiga tahap, desain pendahuluan, percobaan mengajar (siklus pertama dan kedua), dan analisis retrospektif. Penelitian ini melibatkan 6 siswa pada siklus pertama dan 34 siswa pada siklus kedua. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa serangkaian kegiatan pembelajaran ini dapat membawa siswa dari situasi kontekstual menuju situasi yang lebih formal. Siswa tidak lagi berpikir sistem bilangan bulat ketika mengerjakan soal bilangan desimal. Mereka dapat mengerjakan berbagai soal kontekstual dengan disertai alasan. Lintasan pembelajaran pada penelitian ini berjalan dengan baik sehingga pantas untuk digunakan pada pembelajaran di sekolah.

Kata kunci:  nilai tempat, penjumlahan bilangan desimal, design research, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.8.1.1857.13-24


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1857.13-24


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: