Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Untung dan Persentase Untung | Sari | Jurnal Pendidikan Matematika
Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Untung dan Persentase Untung
Ayudia Permata Sari
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan penelitian The One-Shot Case Study yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap pemahaman konsep siswa pada materi untung dan persentase untung di kelas VII SMP Negeri 9 Palembang.Subjek penelitian ini adalah kelas VII.5 SMP Negeri 9 Palembang tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan dan analisis data mengenai pemahaman konsep siswa ini berupa tes yang berisi soal-soal untung dan persentase untung yang telah disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep siswa. Tes dilaksanakan sesudah menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Posttest). Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai thitung adalah 23,71, sedangkan ttabel adalah 1,70. Dengan demikian thitung lebih besar dibandingkan ttabel, sehingga H0 ditolak, dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap pemahaman konsep siswa pada materi untung dan persentase untung di kelas VII SMP Negeri 9 Palembang.
Kata kunci :Pengaruh, Pendekatan PMRI, Pemahaman Konsep