KONSEPSI SISWA TENTANG SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH DI SMA YPI TUNAS BANGSA PALEMBANG
Rina Anggraini
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi siswa SMA YPI Tunas Bangsa tentang soal-soal pemecahan masalah, meliputi karakteristik, langkah-langka, dan strategi  soal pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah enam orang siswa kelas XI IPA 1 SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Instrumen penelitian  terdiri dari tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: siswa berkonsepsi bahwa soal pemecahan masalah merupakan soal yang jarang ditemui atau tidak rutin dan membutuhkan perhitungan; siswa dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal hanya soal yang mereka yakin bisa diselesaikan dan jawabannya benar; sebagian besar siswa mampu mengikuti langkah ketiga pemecahan masalah dan mampu memeriksa kembali hasil jawabannya pada soal-soal yang mereka bisa selesaikan; strategi yang digunakan siswa yaitu membuat pola, membuat gambar, menebak dan memeriksa serta menggunakan logika dalam menyelesaikan masalah; siswa yang yakin dengan jawabannya akan cenderung tidak mencoba cara lain atau strategi lain dalam menyelesaikan masalah.
Â
Kata Kunci :Konsepsi siswa, Soal-soal Pemecahan Masalah Matematika