PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 PALEMBANG

Wahyunnisa Ayu

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran pemodelan matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 17 Palembang dengan jumlah siswa 39 orang. Pengambilan data pembelajaran dan kemampuan koneksi matematis dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kemampuan koneksi matematis setelah mengerjakan soal tes untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa. Soal tes diberikan setelah proses pembelajaran pemodelan matematika dan mengacu pada indikator kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada saat pembelajaran pemodelan matematika dengan rata-rata 77,69 berkategori baik berdasarkan tabel kategori skor proses pembelajaran pemodelan matematika saat observasi dan hasil tes siswa dengan rata-rata pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa sebesar 77,78 juga berkategori baik sesuai tabel kategori kemampuan koneksi matematis siswa. Wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal tes yang diberikan.

 


Keywords


Pemodelan Matematika, Kemampuan Koneksi Matematis



DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.7.2.2283.


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: