• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS STRATEGI NUMBER SENSE SISWA SMK NEGERI PENERBANGAN ACEH | Arhamni | Jurnal Pendidikan Matematika

    ANALISIS STRATEGI NUMBER SENSE SISWA SMK NEGERI PENERBANGAN ACEH

    Arhamni Arhamni, Rahmah Johar, Zainal Abidin

    Abstract


    Belajar matematika, ketika hanya terfokus pada perhitungan angka, akan datar, kehilangan keindahan dan kebermaknaan, terutama angka dan operasinya. Seseorang yang belajar matematika diperlukan adanya kepekaan terhadap angka dan operasinya. Para ahli menyebut jenis sensitivitas sebagai sensitivitas angka. Para ahli mengatakan, jika seseorang memiliki nalar yang baik, matematika akan menjadi indah dan menyenangkan, sehingga konsep itu menjadi lebih baik. Sensitivitas akan angka membantu seseorang untuk melihat logika dari hasil perhitungan, sehingga semangat matematika akan ditemukan, dan matematika akan bermakna bagi siswa. Ada beberapa orang berpendapat bahwa matematika itu membosankan. Kondisi ini memiliki efek negatif pada pemahaman matematika seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi siswa di SMKN Penerbangan Aceh dalam memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik purposive subjek. Subjek tersebut diambil dari siswa yang memiliki kemampuan matematika yang baik berdasarkan skor di semester ketiga. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan data yang diharapkan dalam penelitian ini. Hasil diskusi dan analisis data dari tiga belas pertanyaan sensitivitas angka menyimpulkan bahwa: enam siswa tidak memiliki sensitivitas yang baik dari strategi operasi angka.

    Kata kunci: Sensitivitas angka, Strategi, Sekolah Menengah Kejuruan

     

    DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.9.1.2425.59 - 67


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.9.1.2425.59%20-%2067


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: