PENGUASAAN KONSEP LINGKARAN TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON

Dewi Rikanah, Widodo Winarso

Abstract


Konsep lingkaran adalah konsep dasar yang harus dipahami lebih lanjut untuk memahami mengenai konsep bangun ruang sisi lengkung. Sehingga alur konsep ini dapat membantu meningkatkan kemampuan spasial  pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penguasaan konsep pada materi lingkaran pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Cirebon; (2) Mengetahui kemampuan spasial yang dimiliki oleh siswa; (3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan konsep lingkaran terhadap kemampuan spasial siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Cirebon dengan keseluruhan populasi sebanyak 359 sisswa dari kelas VIII. Sampel penelitian dipilih dengan metode cluster random sampling, yang terpilih adalah kelas VIII D sebanyak 38 siswa sebagai sampel dari penelitian.  Berdasarkan analisis data, hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata nilai penguasaan konsep lingkaran adalah 70,34 dan rata-rata siswa kategori tinggi 72,34 yang termasuk tinggi. Hasil dari persamaan regresi dalam memprediksi kemampuan spasial berdasarkan penguasaan konsep lingkaran adalah mengindikasikan pengaruh yang positif. Setelah menguji hipotesis dengan , analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh penguasaan konsep lingkaran terhadap kemampuam spasial siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan kontribusi 42%, 58% ditentukan oleh faktor-faktor lainnya.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3266.15-25


Keywords


Lingkaran, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Kemampuan Spasial

Full Text:

PDF

References


Asri P.S, Puspa. (2013). Jurnal Peningkatan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Melalui Pembelajaran TPS Menggunakan LKS Pendidikan Matematika Realistik. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Elfawati. (2012). Jurnal Meningkatkan Pengenalan Bangun Datar Sederhana Melalui Media Puzzle Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Vol. 1. No 2.

Harmony, Junsella dan Roseli Theis. (2012). Skripsi: Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 9 Kota Jambi. Vol.2 No.1, Program Sudi Pendidikan Matematika FPMIPA FKIP univ. Jambi.

Manfaat, B. (2010). Membumikan Matematika dari Kampus ke Kampung. Jakarta: Buku Kita.

Nurrahmawati, dkk. (2014). Jurnal Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TGT) dengan Metode Discovery pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2013/2014. Vol. 2, No. 9.

Scolastika, Mariani, dkk. (2014). The Effectiveness Of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts. Vol. 2.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H., & Masri, K. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3266.15-25


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: