PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan “Bagaimanakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual?†Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual seperti yang dilakukan pada penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adams, D., & Hamm, M. (2010). Demystify math, science, and technology: Creativity, innovation, and problem solving. Plymouth: Rowman & Littlefield Education.
Akhmad, S. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik,
dan model pembelajaran. Diambil tanggal 30 Oktober 2012, dari http://akhmadsudrajat.wordpress.com
Akhmad, N. (2011). Peningkatan Life Skills dalam pembelajaran sains/IPA melalui pendekatan kontekstual di Sekolah Dasar Islam terpadu. Yogyakarta: Pascasarjana UNY
Baharuddin & Makin, M. (2007). Pendidikan humanistik. Yogyakarta: A-Ruzz Media.
Billstein, R., Libeskind, S., & Lott, J.W. (1990). A problem solving approach to elementary school teachers (4th ed). California: Cummings publishing company, Inc.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo
Erman, S, dkk .(2001). Stategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Haylock, D., & Thagata, F. (2007). Key concepts in teaching primary mathematics. London: SAGE publications, Inc.
Johnson, E, B. (2011). Contextual Teaching dan Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Penerbit Kaifa Learning.
NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nurdin. (2009). Implementasi Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol. IX No. 1 April. Diambil pada tanggal 10 September 2012, darihttp://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197907122005011-NURDIN/KARYA_ILMIAH_7.pdf
Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method. New Jersey: Princeton University Press.
Saekhan Muchith. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Rineka Cipta.
Santrock, W. J. (2008). Psikologi pendidikan. (Terjemahan Tri Wibowo B.S) Jakarta: Kencana. (Buku asli diterbitkan tahun 2004). Schunk, D. H. (2008). Learning theories: An educational perspective (fifth edition). North California: Pearson Educational, Inc.
Soedjadi. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.
Shumway, R. J. (1980). Research in mathematics education. Ohio: National Council of Teachers of Mathematics.
Sugeng, W. (2009). Pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kualitas pembelajaran sains di SMP 4 Wates. Yogyakarta: Pascasarjana UNY.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sukardi Abbas. (2010). Peningkatan prestasi belajar sains dengan menggunakan pendekatan kontekstual di SMPN 2 Kota Ternate. Yogyakarta: Pascasarjana UNY
Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah.Jakarta: Rineka Cipta.
Syamsu, A. (2008). Upaya meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN 06 Teluk Bayur Padang. Yogyakarta: Pascasarjana UNY
Van de Walle, J. A. (2007). Elementary school mathematics: teaching developmentally (6th ed). New York: Pearson Education.
Wina, S. (2011). Stretegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3279.58-80
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: