UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI PERKALIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru mengembangkan karakter demokratis, kreatif, dan mandiri siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic pada meteri perkalian di kelas III SD. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru, yang terdiri dari dua orang guru di Banda Aceh dan satu orang guru di Surabaya. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara terhadap guru dan siswa. Sebelum pelaksanaan pembelajaran tim peneliti memberikan masukan kepada guru untuk menerapkan pendekatan realistik sehingga mengembangkan karakter siswa. Data dianalisis secara kualitatif berdasarkan indikator dari karakter yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kolaborasi antara tim peneliti dan guru mengakibatkan upaya guru mengembangkan karakter siswa dalam hal demokratis, kreatif, dan mandiri mengalami peningkatan.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfieri, P. A. (1998). Stages of Concern of Defense Systems Management College Faculty about Tachnology-Based Education and Training. Disertasi. Faculty of Virginia Polytechnic Institute and State University.
Amin, S.M., Julie, H. Johar, R. & Simanjorang, M. (2010). Buku Guru Matematika untuk Kelas I SD/MI. Institut Pengembangan Pendidikan Matematika realistic Indonesia (IP-PMRI), Bandung.
Aziz, H., A. (2011). Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati. Jakarta Selatan: Almawardi Prima
Horn, J-S., Hong, J-C., Lin, L-J.C., Chang, S-H., & Chu, H-C. (2005) Creative Teachers and Creative Teaching Strategies. International Journal of Consumer Studies, 29(4), 352-358. http://ideguru.wordpress.com/2010/04/11/tips-menumbuhkan-percaya-diri-anak/Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak. Diakses tanggal 20 April 2011.
Johar, R., Nurfadhilah, C., & Hanum, L. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Bahan Ajar. Universitas Syiah Kuala.
Johar, R. (2006). Pembelajaran Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Makalah disampaikan pada SEMILOKA Peningkatan Kualitas Mengajar Dosen di FKIP Unsyiah pada tanggal 3-4 Oktober 2006.
Johar, R. dan Amin, S.M. (2010). Buku Matematika PMRI Kelas I SD Sudah Terbit. Dalam Majalah PMRI Vol III No. 2 April 2010.
Johar, Rahmah dan Afrina, Marisa (2011) The Teachers‟ Efforts to Encourage the Students‟ Strategies to Find the Solution of Fraction Problem in Banda Aceh. In Proceeding of International Conference for School Effectiveness and Improvement, January 4th till 7th, 2011, Limassol, Cyprus.
Johar, R. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Makalah disampaikan pada Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Karakter melalui Pendekatan Realistik pada tanggal 28-29 Agustus 2012 di FKIP Unsyiah.
Johar, R., Zubaidah, T., & Mariana, N. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter melalui Pendekatan Realistik di PGSD. Laporan Penelitian Strategis Nasional. Unsyiah.
Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Disponsori oleh BPMIGAS.
Mojica, L.A. (2002). Compliment-Giving Among Filipino College Students: An Exploratory Study. Asia Pacific Education Review, 3(1) 115-124.
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics: USA.
Wright, Jim. (2002). Lesson 2: How to Give Compliments to Tutees. In www.interventioncentral.org.
Ziemba, L. (2007). Increasing Student Confidance and Knowledge through Student Presentation. In DigitalCommons@University of Nebraska – Lincoln in http://digitalcommons.unl.edu/mathmidsummative/30
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3286.96-110
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: